sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Panik, Ini 5 Pertolongan Pertama saat Anak Demam Tinggi

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 18:50 WIB
Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a fever Ilustrasi Pertolongan Pertama Anak Demam Tinggi/Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlove
Jakarta -

Saat Si Kecil tiba-tiba demam, Bunda pasti langsung khawatir dengan kondisinya. Apalagi saat memeriksa suhu tubuh Si Kecil yang ternyata mengalami demam tinggi. 

Meskipun demam itu sendiri tidak berbahaya, terkadang penyebab yang mendasarinya bisa berbahaya untuk Si Kecil. Untuk bayi baru lahir hingga usia 3 bulan, baiknya segera diperiksa ke dokter untuk demam apapun.

Sementara itu, bayi di atas 3 bulan dengan demam ringan bisa dirawat di rumah dengan perawatan yang tepat, jika tidak ada gejala lain yang terlihat.


Suhu normal pada anak biasanya sekitar 37 derajat celcius, Bunda. Suhu ini juga bisa sedikit berbeda di pagi hingga sore hari. Suhu tubuh umumnya lebih rendah saat bangun serta lebih tinggi di sore dan malam hari.

Bayi sendiri dianggap mengalami demam jika suhunya 38 derajat celcius bila diambil secara rektal, atau sekitar 37,2 derajat celcius jika diambil dengan metode lainnya.

Pertolongan pertama saat anak demam tinggi

Ketika anak demam, jangan panik, Bunda. Mengutip dari laman Healthline, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa Bunda coba saat anak demam tinggi. Berikut ini deretannya:

1. Sesuaikan pakaiannya

Ketika anak demam, sebaiknya ganti pakaian mereka dengan pakaian yang lebih tipis atau selimut yang tipis, Bunda. Hal ini dilakukan agar anak tetap merasa nyaman dan sejuk.

Mengenakan pakaian yang berlebihan pada anak bisa mengganggu metode pendinginan alami pada tubuh mereka.

2. Turunkan suhu ruangan

Jaga agar suhu ruangan dan rumah tetap sejuk ya, Bunda. Ini bisa mencegah Si Kecil semakin kepanasan.

3. Kompres air hangat

Ilustrasi anak sakit atau kejang atau epilepsiIlustrasi Pertolongan Pertama saat Anak Demam/Foto: Getty Images/iStockphoto/Martinbowra

Cobalah untuk mengompres anak dengan air hangat, Bunda. Pastikan air benar-benar hangat dan tidak terlalu panas ketika Bunda menyentuhnya.

Hindari mengompres anak dengan menggunakan air dingin karena bisa menyebabkan anak menggigil dan meningkatkan suhu tubuh mereka. Setelah selesai, keringkan segera bagian yang dikompres dan kembali pakaikan pakaian yang tipis.

4. Berikan cairan

Dehidrasi merupakan tanda kemungkinan terjadi komplikasi, karena itu berikan Si Kecil cairan misalnya ASI atau air mineral untuk anak di atas 6 bulan. Pastikan juga mereka mengeluarkan air mata saat menangis, mulut lembap, dan popok basah seperti biasa.

5. Acetaminophen

Kalau Si Kecil sudah berusia lebih dari 3 bulan, Bunda bisa memberikan mereka obat acetaminophen yang aman untuk anak. Dosis biasanya didasarkan pada berat badannya.

Bunda, sebelum memberikan Si Kecil obat demam, ada baiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya. Dokter akan merekomendasikan obat yang tepat dan sesuai dengan kondisi Si Kecil.

Ada beberapa daftar obat demam yang bisa digunakan saat Si Kecil demam, Bunda. Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretannya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Intip juga video penyebab kepala Si Kecil panas padahal tak demam berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
REKOMENDASI OBAT DEMAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!