sign up SIGN UP search

parenting

Amankah Pemberian Oralit untuk Bayi saat Diare? Ini Kata Dokter

Kinan   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 04:00 WIB
Ilustrasi bayi diare caption

Diare menjadi salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi, termasuk pada anak-anak. Pemberian oralit pun bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Tapi amankah pemberian oralit untuk bayi?

Bunda, yuk pahami dahulu tentang diare pada anak. Dikutip dari Web MD, anak-anak pada dasarnya memang lebih sering mengalami diare dibandingkan dengan orang dewasa. 

Diare bahkan disebut-sebut sebagai cara tubuh 'membersihkan diri' dari kuman lho, Bunda. Diare rata-rata dapat berlangsung dalam hitungan hari, namun bergantung pula pada faktor penyebabnya.


Penyebab diare

Beberapa alasan paling umum anak terkena diare, di antaranya infeksi virus seperti rotavirus, bakteri salmonella, maupun parasit seperti giardia. Virus adalah penyebab paling umum dari diare pada anak.

Meningkatnya frekuensi buang air besar (yang bertekstur cair atau encer), saat diare anak juga mungkin akan mengalami keluhan lain seperti muntah, sakit perut, sakit kepala, hingga demam. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak pun jadi penting.

Pemberian oralit untuk anak

Oralit terbuat dari campuran garam elektrolit, gula, dan air. Garam elektrolit yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai penyeimbang elektrolit yang ada di dalam tubuh. 

Maka dari itu, larutan oralit digunakan oleh orang yang terkena diare untuk mengganti cairan tubuh secara cepat. Untuk meminumnya, Bunda dapat mencampurkan bubuk oralit dengan 200 ml air matang.

Ilustrasi Cara Membuat Oralit untuk Cegah Dehidrasi saat Anak Diare.Ilustrasi Cara Membuat Oralit untuk Cegah Dehidrasi saat Anak Diare./ Foto: Getty Images/iStockphoto/ThamKC

 

Untuk anak usia 1-5 tahun

Disarankan untuk meminum oralit sebanyak 3 gelas pada 3 jam pertama, lalu 1 gelas setiap diare.

Untuk anak usia 5-12 tahun

Disarankan dosis oralit bisa ditingkatkan ke 6 gelas pada 3 jam pertama, dan 1,5 gelas setelah diare.

Untuk anak usia 12 tahun ke atas

Disarankan diberikan 12 gelas pada 3 jam pertama, selanjutnya 2 gelas setiap diare.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), beberapa penelitian menemukan bahwa sebagian besar anak dengan diare dapat sembuh hanya dengan pemberian larutan oralit, tanpa bantuan obat lain.

Lalu bagaimana tentang pemberian oralit untuk bayi usia kurang dari 1 tahun? Simak informasi di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak ramuan alami untuk mengatasi diare seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
AMANKAH ORALIT UNTUK BAYI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!