sign up SIGN UP search

parenting

3 Tips Mudah Tingkatkan Minat Baca Anak di Tengah Perkembangan Teknologi

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 30 Sep 2022 23:15 WIB
Happy Asian family mother and daughter on bed in bedroom say good night before sleep caption
Jakarta -

Perkembangan teknologi dan globalisasi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari, Bunda. Pada masa ini, segala sesuatu sangat mudah diakses hanya dengan menggunakan gadget atau telpon genggam.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dengan lancar bisa menggunakan gadget. Sayangnya, hal ini membuat anak jadi lebih suka bermain ponsel daripada membaca buku.

Menurut Kepala Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi RI, Supriyatno, S.Pd, MA, minat membaca harus mulai ditanam sejak dini. Kegiatan ini pun bisa didukung dengan adanya bahan-bahan bacaan yang tersedia.


"Pengembangan budaya literasi menjadi tanggung jawab bersama pemerintah dan pemerintah daerah. Minat membaca harus dimulai dari anak-anak dan itu semua akan terwujud jika memiliki bahan-bahan bacaan yang tersedia," katanya dalam acara Konferensi Pers, Peresmian 56 Perpustakaan Ramah Anak Taman Bacaan Pelangi, Selasa (27/9/2022).

"Pusat perbukuan dalam hal ini sebagai amanat yang memfasilitasi kegiatan perbukuan, termasuk di dalamnya penyediaan bahan literasi," sambungnya.

Tips tingkatkan minat baca anak

Pendiri Taman Bacaan Pelangi, Nila Tanzil, memiliki pengalaman dalam meningkatkan minat baca anak, Bunda. Nila pun mengatakan ada beberapa tips mudah yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan minat baca pada anak di rumah. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Mulai kenalkan buku cerita

Dalam acara yang sama, wanita yang akrab disapa Nila ini mengatakan kebiasaan membaca buku pada anak harus dilakukan setiap hari. Tak hanya itu, kegiatannya pun perlu dilakukan secara teratur dan disiplin.

"Bacakan bucu cerita setiap hari. Boleh pagi, boleh malam. Misalnya setiap jam 5 sore, tapi harus disiplin. Nanti jam 4.30 (sore) anak sudah menunggu. Biar anak ingat. Atau sebelum tidur," katanya.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video cara meningkatkan daya ingat Si Kecil untuk bantu proses belajar berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS TINGKATKAN MINAT BACA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!