sign up SIGN UP search

parenting

9 Ciri Khas Demam Berdarah pada Anak, Simak Juga Pencegahannya Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 04 Oct 2022 17:10 WIB
an asian chinese mother is taking care of her daughter on bed and measuring her body temperature with thermometer caption
Jakarta -

Demam berdarah (DBD) merupakan salah satu penyakit yang selalu ada di sepanjang tahun, Bunda. Namun, penyakit ini meningkat pada musim-musim tertentu, misalnya seperti musim hujan.

DBD sendiri disebabkan oleh virus Dengue yang disebarkan oleh nyamuk aedes betina. Nyamuk ini aktif menggigit kurang lebih pada pukul 09.00 hingga 10.00 pagi dan 16.00 hingga 17.00 sore.

Gejala Demam berdarah pada anak

Menurut Dokter Spesialis Anak, Dr. I.G Ayu Pratiwi, SpA, MARS, anak yang terkena DBD biasanya mengalami gejala rata-rata pada 4 hingga 7 hari dan paling lama 12 hari. Tak hanya itu, penyakit ini juga memiliki gejala menyerupai flu biasa.


"Gejala muncul 4 sampai 7 hari atau paling lama 12 hari. DBD kayak flu biasa tapi begitu diperiksa ternyata DBD. Yang khas adalah demam mendadak tinggi langsung 39 hingga 40 derajat," katanya ketika ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Anak-anak cenderung lebih rentang terserang DBD karena memiliki imunitas yang rendah, Bunda, Nyamuk aedes sendiri aktif di waktu pagi dan sore hari, tepatnya saat anak biasa berada di luar rumah.

Biasanya Si Kecil juga mengeluhkan sakit kepala, badam, dan nyeri. Anak juga cenderung tidak nafsu makan, Bunda.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa dr. Tiwi ini mengatakan tidak semua orang yang digigit oleh nyamuk aedes dinyatakan DBD, Bunda. Karena, bisa jadi nyamuk tersebut tidak membawa virus.

Sebaliknya, anggota keluarga yang terkena DBD bisa menularkan ke anggota keluarga yang lain lewat gigitan dari nyamuk yang sama.

"Digigit nyamuk aedes belum tentu DBD. Kalau di nyamuk tidak ada virusnya, belum tentu DBD. Kita biasanya pesankan pada orang tua kalau ada salah satu anggota keluarga DBD, kalau ada nyamuk menggigit bisa tertular," paparnya.

Ciri-ciri DBD

Dokter Tiwi mengungkapkan, ada beberapa ciri khas dari sakit DBD ini, Bunda. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

  1. Gejala flu 2-7 hari.
  2. Demam mencapai 40 derajat celcius.
  3. Badan lemas
  4. Sakit kepala
  5. Badan nyeri
  6. Nyeri di belakang mata.
  7. Bintik-bintik merah di pipi. Biasanya terjadi pada bayi 1-2 tahun.
  8. Ada marmer khas (butuh dilakukan tes lebih lanjut).
  9. Perdarahan di hidung atau gusi.

Karena penyakit demam berdarah ditandai dengan adanya demam, dr. Tiwi turut membagikan beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi demam anak, nih. Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video tips membersihkan rumah untuk cegah demam berdarah berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PENANGANAN DEMAM DI RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!