sign up SIGN UP search

parenting

Apakah Boleh Anak Minum Suplemen Setiap Hari? Ini Kata Dokter

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 17 Oct 2022 16:19 WIB
Ilustrasi Anak Minum Suplemen Tambahan caption
Jakarta -

Setiap orang pasti membutuhkan asupan nutrisi lengkap dan seimbang, Bunda. Hal ini juga dibutuhkan oleh Si Kecil selama masa tumbuh dan kembangnya.

Nutrisi yang dibutuhkan ini ada beragam jenisnya. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral.

Ada beberapa jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh Si Kecil, Bunda. Vitamin ini adalah vitamin D dan zat besi. Biasanya, dokter merekomendasikan Bunda untuk memberikan Si Kecil suplemen vitamin D dan zat besi.


Menurut dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A,., tidak semua jenis vitamin bisa diberikan melalui suplemen tambahan. Hal ini karena jenis vitamin lainnya bisa didapatkan melalui makanan-makanan yang dikonsumsi Si Kecil setiap harinya.

"Vitamin (suplemen tambahan) itu tidak diperlukan pada anak kecuali vitamin D dan juga zat besi. Kenapa? Karena vitamin-vitamin tersebut itu bisa didapatkan dari makanan, dengan syarat makanannya harus terpenuhi dengan seimbang," tutur dr. Andreas pada wartawan ketika ditemui di kawasan Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Tak hanya itu, dr. Andreas juga mengatakan Bunda bisa memberikan Si Kecil tambahan suplemen jika nutrisi hariannya tidak terpenuhi. Namun, hal ini tentunya harus berdasarkan rekomendasi dari dokter.

"Kalau makanannya enggak terpenuhi baru kita tambahkan dan itu harus berkonsultasi dengan dokter. Kenapa? Karena itu dihitung dulu, jangan main beli-beli kalau ke warung, ke apotek, semua main kasih-kasih saja, tapi kita enggak tahu dosisnya tepat atau enggak," tuturnya.

Bolehkan suplemen diberikan setiap hari?

Dokter Andreas menjelaskan, suplemen zat besi dan vitamin D boleh diberikan pada Si Kecil setiap hari. Namun, Bunda tentu harus memahami dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

"Kalau zat besi dan vitamin D, boleh, dengan dosis tertentu yang sudah disiapkan oleh dokter anak," ujar dia.

Lebih lanjut, dr. Andreas merekomendasikan agar Si Kecil tidak mendapatkan vitamin jenis lainnya dari suplemen tambahan. Bunda bisa memenuhi vitamin-vitamin ini melalui makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

"Tapi kalau misalnya vitamin yang lain, itu sebenarnya sudah bisa kita dapatkan dari makanannya," sambungnya.

Selain vitamin D dan zat besi, kira-kira vitamin apa lagi yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil, ya? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video makanan kaya vitamin untuk kecerdasan anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
VITAMIN A HINGGA ZINC
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!