sign up SIGN UP search

parenting

6 Makanan yang Bisa Membantu Anak Tetap Fokus, Smoothie Salah Satunya

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 22 Oct 2022 14:00 WIB
Fruit smoothie with mint leaves on wooden rustik table caption
Jakarta -

Otak merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh, Bunda. Otak perlu diberi cukup nutrisi sehingga dapat bekerja dengan baik.

Beberapa tahun pertama kehidupan Si Kecil merupakan penentu dasar untuk kesehatan otak. Melansir laman CNBC, studi menunjukkan bahwa diet bergizi pada saat bayi merupakan kunci anak mendapat kesejahteraan di masa mendatang.

Diet bergizi pada bayi dipercaya bisa mempengaruhi kognisi, tempramen, keterampilan motorik, serta perkembangan bahasa mereka, Bunda. Perlu diingat, Bunda harus selalu berkonsultasi dengan dokter tentang tumbuh kembang Si Kecil, ya.


Seorang psikiater nutrisi, ahli otak, dan anggota fakultas di Harvard Medical School, Dr. Uma Naidoo, menemukan bahwa makanan yang kaya asam lemak, omega 3, folat, zat besi, yodium, zinc, kolin, votamin A, vitamin B12, dan vitamin D, dapat mendukung fungsi otak, perilaku, dan pembelajaran. Tak hanya itu, menghindari makanan dengan tambahan gula juga merupakan cara yang efektif dalam diet ini.

Makanan yang dapat membantu otak anak fokus

Melansir dari laman CNBC, ada beberapa makanan yang disebut mampu membantu otak anak tetap fokus, Bunda. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Smoothie

Smoothie adalah cara mudah memasukkan banyak nutrisi ke dalam makanan anak, Bunda. Tak hanya itu, smoothie juga bisa menyamarkan rasa makanan yang biasanya Si Kecil tidak suka.

Untuk pembuatan smoothie terbaik, Bunda bisa tambahkan sayuran berdaun kaya folat dan serat seperti bayam atau kangkung. Tambahkan juga chia seed atau kenari untuk nutrisi asam lemak omega 3 nabati, serat, serta proteinnya.

Tambahkan juga alpukat untuk lemak sehat. Jika ingin, Bunda juga bisa ambil beberapa buah blueberry yang kaya akan antioksidan.

2. Kentang goreng rumahan

Makan banyak sayur memang sangat penting, Bunda. Namun, bukan berarti anak tidak boleh mengonsumsi makanan yang terbuat dari kentang.

Bunda bisa goreng kentang dengan airfryer untuk menambahkan tekstur renyah dan garing pada makanan tanpa perlu menggorengnya. Tak hanya itu, tambahkan juga zucchini,wortel, atau kacang hijau.

3. Hummus Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang sehat merupakan sumber nabati dari zat besi, zinc, protein, dan serat, yang bermanfaat bagi perkembangan otak, Bunda.

Hummus adalah makanan yang dibuat dengan memadukan kacang-kacangan ke dalam makanan anak. Ini dapat disajikan dengan banyak cara seperti saus dengan irisan apel, wortel, seledri yang diiris tipis, hingga kacang polong.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat jenis makanan lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video 7 hal yang bisa rusak sel otak anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN YANG BANTU ANAK TETAP FOKUS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!