sign up SIGN UP search

parenting

Manfaat Mainan Role Play untuk Melatih Kemampuan Sosial Anak

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 28 Oct 2022 09:19 WIB
Kids playing with doll house and stuffed animal toys. Children sit on a pink rug in a play room at home or kindergarten. Toddler kid and baby with plush toy and dolls. Birthday party for little child. caption
Jakarta -

Selain tumbuh kembang fisik, keterampilan sosial anak juga harus diperhatikan. Anak harus memiliki bekal kemampuan bersosialisasi sejak usia dini, Bunda.

Pencapaian keterampilan sosial sangat penting karena akan karena mempersiapkan anak untuk mengelola perasaan dirinya sendiri, serta memahami perasaan dan kebutuhan orang lain.

Selain itu, kemampuan sosial juga berguna untuk melatih bagaimana cara Si Kecil bersikap dan berbicara dengan orang lain. Interaksi anak dengan lingkungan sekitar sangat ditentukan dengan kemampuan komunikasi dasar.


Akan tetapi, tidak semua anak memiliki kemampuan bersosialisasi yang tinggi. Tak sedikit dari mereka yang bingung bagaimana caranya berinteraksi dengan teman sebaya.

"Situasi sosial dan pertemanan anak menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Ada banyak tantangan yang mereka hadapi di masyarakat, mulai dari kesulitan mencari teman, berusaha membuat diri mereka diterima di lingkungan pertemanan, dan masalah sosial lainnya seperti bullying," tutur Eugenia Tan, Pediatric Therapist di acara LEGO Friends Reboot Livestream, Kamis (27/10/22).

Tak hanya itu, anak-anak juga harus belajar bagaimana cara bersikap baik kepada orang lain melalui kegiatan sosialisasi. Sebagian anak memiliki sifat pemberani dan banyak berbicara dengan orang lain, bahkan kepada orang asing.

Namun, tak sedikit pula yang memiliki sifat pemalu dan cenderung pasif dalam berinteraksi di lingkungan pertemanan. Mereka tidak tahu bagaimana cara membuka obrolan, hingga menghadapi masalah yang muncul dalam kegiatan sosialisasi.

"Beberapa anak merasa kesulitan mengontrol situasi ketika sedang melakukan interaksi sosial. Sebagai orang tua, sebaiknya rutin melakukan obrolan bersama Si Kecil mengenai apa yang sudah ia lewatkan di hari tersebut," ucap Eugenia.

"Tanyakan apa yang menjadi masalahnya hari ini, kemudian katakan bahwa tidak apa-apa jika sesekali kita merasa tegang dan rapuh. Kemudian bicarakan tantangan mereka dan ajarkan bagaimana cara menghadapinya," lanjutnya.

Selain bersikap terbuka dengan menjalin percakapan bersama Si Kecil, Bunda juga bisa melatih kemampuan sosialisasi anak dengan mainan. Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang mainan yang bikin anak happy saat mandi:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
MANFAATKAN PERMAINAN ROLE PLAY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!