sign up SIGN UP search


parenting

Kenapa Bayi Baru Lahir Sering Terbangun Tengah Malam? Ini 5 Alasannya

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 21:38 WIB
Image of an Asian Chinese mother comforts a crying baby Ilustrasi Penyebab Bayi Baru Lahir Bangun di Tengah Malam/Foto: iStock
Jakarta -

Bunda merasa bayi baru lahir sering terbangun di tengah malam, ya? Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Jadi, Bunda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab Si Kecil menangis.

Selama beberapa bulan pertama kelahiran bayi, beberapa orang tua memiliki tidur yang tidak nyenyak, terutama di malam hari. Bayi baru lahir sering menangis, meskipun tidak semua tangisannya pertanda mereka tidak nyaman.

Bayi mungkin mengalami gangguan tidur selama beberapa saat ketika merasa sakit, cemas, dan takut. Sederhananya, bayi bangun di malam hari adalah bagian dari kehidupannya yang tidak perlu dikhawatirkan.


Penyebab bayi sering terbangun di tengah malam

Ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi penyebab bayi baru lahir sering terbangun di malam hari. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya dari laman What to Expect:

1. Perubahan jadwal

Bayi bisa tidur dengan baik jika memiliki jadwal dan rutinitas tidur yang konsisten. Memiliki rutinitas yang teratur dan tidur yang cukup di malam hari dan saat tidur siang bisa membantu bayi waspada.

Jika ada perubahan besar pada jadwal normal tidurnya, bayi bisa saja kelelahan, Bunda. Hal ini menyebabkannya terbangun di malam hari atau sulit tidur.

2. Merasa tidak nyaman

Menangis adalah salah satu cara bayi berkomunikasi, Bunda. Jika mereka tidak bisa tidur selama lebih dari dua hingga 3 jam berturut-turut, bisa jadi mereka merasa tidak nyaman.

Mengutip dari laman Mom Junction, Bunda perlu terus mengawasi gerakan bayi agar mengetahui apakah Si Kecil memiliki memar atau benjolan pada tubuhnya. Tak hanya itu, ketidaknyamanan ini juga bisa berasal dari selimut yang terlalu tebal, tipis, atau bahkan popok yang kotor.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat penyebab lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat lagi video tips mengatasi bayi yang menangis meski telah disusui berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB BAYI TERBANGUN DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!