sign up SIGN UP search


parenting

Penyebab Berat Badan Bayi Susah Naik saat MPASI, Simak Cara Mencegah & Mengatasinya

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 20 Nov 2022 11:04 WIB
Asian mother feeding to her baby in leving room IIlustrasi Penyebab Berat Badan Bayi MPASI Sulit Naik/Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto
Jakarta -

ASI eksklusif diberikan pada bayi sejak usia 0 hingga 6 bulan, Bunda. Selama masa pemberian ASI, anak akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup pesan.

Mulai dari usia 6 bulan, anak mulai dikenalkan dengan makanan padat. Pemberian ASI pada bayi pun akan diselingi dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Tak seperti usia 0 hingga 6 bulan, anak yang tengah berada pada masa MPASI kerap kesulitan menaikkan berat badannya. Bukan tanpa alasan, hal ini bisa saja terjadi karena pemberian MPASI yang tak tepat.


Penyebab berat badan bayi MPASI sulit naik

Dokter Spesialis Anak, dr. Mira Dewita, Sp.A, menjelaskan bahwa sulitnya bayi MPASI menaikkan berat badan bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut ini deretannya:

1. Pemberian MPASI yang tidak tepat

Pemberian MPASI yang tidak tepat bisa menyebabkan berat badan bayi susah naik. Misalnya, bayi lebih sering diberikan buah, dibandingkan makanan tinggi protein.

"Menu MPASI anak usia 6 bulan harus mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Di usia ini, perlu memenuhi asupan protein hewani agar berat badannya naik sesuai usia," tutur dr. Mira pada HaiBunda belum lama ini.

2. Kondisi medis lainnya

Kondisi medis seperti penyakit jantung bawaan juga dapat menyebabkan berat badan bayi susah naik. Kondisi lainnya adalah kelainan genetik, seperti sindrom tertentu.

3. Infeksi kronis

Infeksi kronis juga bisa menyebabkan berat badan bayi susah naik. Salah satunya adalah penyakit TBC yang terjadi pada anak-anak. Penanganan infeksi dapat dilakukan oleh dokter anak, termasuk pola pemberian makannya selama sakit.

4. Alergi

Alergi paling banyak yang terjadi pada anak di atas 6 bulan, biasanya alergi susu sapi atau produk olahan sapi. Anak akan sulit minum susu formula atau makan produk olahan sapi, sehingga asupan nutrisinya sulit terpenuhi.

5. Terlalu sering menyusu

Makanan bayi di atas 6 bulan tak hanya ASI. Bayi perlu mendapatkan asupan nutrisi tambahan dari MPASI.

Apabila bayi terlalu sering menyusu dan jarang konsumsi MPASI, berat badannya pun bisa susah naik, Bunda. Kenalkan MPASI secara bertahap agar anak terbiasa untuk mendapatkan makanan selain dari ASI.

6. Picky eater

Picky eater adalah kondisi di mana anak suka pilih-pilih makanan. Masalah makan ini biasanya terjadi pada anak menjelang usia 1 tahun.

"Picky eater juga dapat menyebabkan berat badan anak susah naik. Anak akan lebih suka menolak makanan tertentu, atau hanya memilih satu jenis makanan untuk dikonsumsi selama MPASI," ungkap Mira.

Lantas bagaimana cara mencegah dan mengatasi berat badan bayi MPASI susah naik? Simak selengkapnya di laman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video rekomendasi sayur untuk MPASI dengan harga bersahabat berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
BATASI WAKTU PEMBERIAN SUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!