sign up SIGN UP search


parenting

Tabel Berat Badan Bayi Laki-laki dan Perempuan 0-12 Bulan Menurut Standar WHO

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 13:35 WIB
Beautiful woman holding a newborn baby in her arms Ilustrasi Berat Badan Normal Bayi Menurut WHO/Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia
Jakarta -

Berat badan bayi merupakan salah satu indikator tumbuh kembang Si Kecil, Bunda. Karena itu, Bunda perlu mengetahui rata-rata berat badan bayi setiap bulannya.

Berat rata-rata bukanlah berat badan 'normal'. Sama seperti orang dewasa, bayi juga terlahir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kalau bayi lahir dengan ukuran yang lebih rendah, bukan berarti ada masalah dalam perkembangan fisiknya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bagan berat badan untuk bayi mulai dari lahir hingga usia 2 tahun, Bunda. Bagan ini pun bisa menjadi salah satu patokan Bunda melihat berat badan Si Kecil per bulannya.


Biasanya, bayi akan kehilangan sekitar 10 persen dari berat badannya setelah lahir. Penurunan ini disebabkan oleh kehilangan cairan dan biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Penurunan berat badan ini tidak berlangsung lama. Biasanya, sebagian besar bayi akan mendapatkan kembali berat badannya dalam waktu satu minggu.

Tabel berat badan bayi menurut WHO

Melansir dari laman resmi WHO, Bunda bisa melihat tabel berat badan bayi laki-laki dan perempuan berdasarkan usianya. Berikut ini Bubun bantu beri ulasannya:

1. Tabel berat badan bayi laki-laki

Grafik Berat Badan Normal Bayi Laki-lakiGrafik Berat Badan Normal Bayi Laki-laki/Foto: Situs Resmi WHO

Dilihat dari tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa berat badan bayi laki-laki normal berada pada garis warna hijau. Bayi berusia nol bulan normalnya memiliki berat 3,2 kilogram. Ketika memasuki usia 1 bulan, beratnya pun bertambah menjadi 4,2 kilogram, dan seterusnya sesuai dengan grafik.

Pada masa MPASI atau 6 bulan, bayi laki-laki memiliki berat badan normal sekitar 8 kilogram. Beratnya terus bertambah hingga menyentuh angka 9,3 kilogram di usia 12 bulan. Namun, berat badan bayi bisa saja berbeda-beda dan konsultasikan pertumbuhan Si Kecil pada dokter ya, Bunda.

2. Tabel berat badan bayi perempuan

Grafik Berat Badan Normal Bayi PerempuanGrafik Berat Badan Normal Bayi Perempuan/Foto: Situs Resmi WHO

Sama seperti bayi laki-laki, berat badan normal bayi perempuan juga berada di angka grafik nol atau garis hijau, Bunda. Berdasarkan grafik di atas, terlihat bahwa bayi perempuan nol bulan memiliki berat normal sekitar 3,1 kilogram.

Ketika memasuki masa MPASI atau di bulan keenam, anak perempuan memiliki berat badan normal sekitar 7,2 kilogram. Beratnya akan semakin bertambah hingga seberat 9 kilogram di usia 12 bulan atau 1 tahun.

Jika berat badan Si Kecil berada di atas angka tiga pada bagian kanan grafik, hal ini menandakan Si Kecil mengalami masalah obesitas. Sementara itu, grafik di atas angka dua menandakan anak mengalami masalah kelebihan berat badan atau gizi lebih.

Tak hanya kelebihan berat badan atau gizi berlebih, Si Kecil juga bisa mengalami kekurangan gizi atau berat badan kurang, Bunda.

Saat grafik Si Kecil berada di angka -2, itu tandanya mereka mungkin mengalami gizi kurang. Kalau grafiknya sudah menunjukkan sampai angka -3, itu tandanya Si Kecil dalam keadaan gizi buruk.

Lantas seperti apa berat badan normal bayi laki-laki dan perempuan menurut IDAI? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video rata-rata berat badan normal bayi baru lahir berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
BERAT BADAN NORMAL BAYI MENURUT IDAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!