sign up SIGN UP search


parenting

Benarkah Berat Badan Bayi Memengaruhi Kecerdasan IQ di Masa Depan?

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 14:20 WIB
New born baby Ilustrasi Berat Badan Bayi Pengaruhi Kecerdasan IQ/Foto: Getty Images/iStockphoto/NeoPhoto
Jakarta -

Ketika Si Kecil lahir, dokter akan langsung mencatat panjang badan, ukuran kepala, serta berat badannya. Catatan ini akan menjadi indikator untuk mengetahui apakah anak tumbuh dengan baik atau tidak ke depannya.

Bayi yang lahir dengan keadaan sehat bisa memiliki berat badan yang beragam. Mulai dari 2,5 kilogram hingga 4 kilogram.

Melansir dari laman Science Daily, sebuah penelitian menjelaskan bahwa berat badan bayi dan ukuran kepala berkaitan erat dengan IQ-nya ketika memasuki masa sekolah, Bunda. Studi ini dipimpin langsung oleh peneliti Kesehatan Masyarakat Adelaide, yang menganalisis data lebih dari 13.800 anak yang lahir cukup bulan.


Hasil studi ini mengatakan bayi yang beratnya bertambah 40 persen dari berat lahirnya selama satu bulan pertama memiliki IQ dengan 1,5 poin lebih tinggi ketika mereka berusia 6 tahun.

Pengaruh berat badan dan kecerdasan IQ

Hubungan antara berat badan bayi dan kecerdasan IQ anak turut dibenarkan oleh Dokter Spesialis Anak, dr. Charles, Sp.A. Menurutnya, bayi membutuhkan nutrisi seimbang untuk tumbuh dan berkembang, termasuk dalam proses perkembangan otaknya.

"Tentu saja bisa (pengaruh berat badan dan kecerdasan IQ).Untuk tumbuh dan berkembang dibutuhkan nutrisi yang adekuat. Kondisi malnutrisi menyebabkan gangguan pada perkembangan otak," katanya pada HaiBunda belum lama ini.

Perbandingan kecerdasan otak setiap anak akan terlihat jelas pada asupan nutrisi yang diterimanya. Dengan kata lain, perbedaan nutrisi yang didapatkan oleh Si Kecil memperlihatkan perbedaan perkembangan otaknya.

"Jadi jika dibandingkan anak dengan nutrisi yang baik dan anak yang tidak, tentu perkembangan otaknya berbeda pula," sambung dr. Charles.

Tak hanya berat badan, dalam penelitian yang sama, lingkar kepala bayi juga disebut dapat menentukan besarnya IQ seorang anak di masa depan. Penasaran dengan berita lengkapnya?

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
LINGKAR KEPALA BAYI PENGARUHI KECERDASAN IQ
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!