sign up SIGN UP search


parenting

Bayi 1 Bulan Sudah Bisa Apa? Simak Perkembangannya yang Bikin Bunda Takjub

Kinan   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 20:00 WIB
Bayi 1 Bulan Sudah Bisa Apa? Simak Perkembangannya yang Bikin Bunda Takjub caption
Jakarta -

Bayi 1 bulan tampaknya seperti belum banyak melakukan sesuatu, bahkan sebagian besar aktivitasnya untuk tidur. Kendati demikian, bayi 1 bulan tetap memiliki beberapa perkembangan penting lho, Bunda.

Salah satunya yakni sudah mulai mengenali suara kedua orang tuanya. Maka dari itu, stimulasi yang tepat pun perlu mulai dilakukan untuk proses tumbuh kembang maksimal.

Di masa-masa awal setelah lahir, berat badan bayi biasanya akan sedikit menurun kemudian naik kembali. Rata-rata pertambahan berat badan bayi yakni sekitar 100-200 gram tiap minggunya.


Dikutip dari Baby Center, bayi 1 bulan akan belajar untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar rahim. Pada periode waktu ini, ia mungkin akan mulai aktif. 

Rasanya memang melelahkan saat menjalani satu bulan pertama menjadi Bunda baru. Namun, mempelajari sinyal lapar dan pola tidur bayi akan membuat rutinitas ke depannya menjadi lebih mudah.

Kemampuan motorik bayi 1 bulan

Seiring bertambahnya usia, bayi akan lebih banyak belajar untuk memaksimalkan perkembangan sesuai milestone. Termasuk salah satunya kemampuan motorik, baik kasar maupun halus.

Di usia 1 bulan, bayi akan mulai belajar sedikit demi sedikit menggerakkan tangan dan kepalanya. Genggaman tangan bayi biasanya masih sangat erat dan memiliki gerakan refleks yang kuat.

Bayi juga sudah mulai fokus untuk memperhatikan objek yang berada pada jarak sekitar 30 cm di sekitarnya. Bayi mungkin juga sudah mulai bisa menggelengkan kepala jika diletakkan dalam posisi telungkup.

Kemampuan bicara dan bahasa bayi 1 bulan

Dikutip dari Healthy Children, bayi 1 bulan sudah mulai mengenali beberapa suara yang akrab di sekitarnya. Terutama suara kedua orang tuanya. Perhatiannya mungkin juga sudah dapat teralihkan jika suara orang tua ada di dekatnya.

Untuk membantu meningkatkan perkembangan bicara dan bahasanya, orang tua dianjurkan untuk sering berkomunikasi. Ajak Si Kecil bicara secara rutin, meski mungkin ia belum dapat memahami ucapan Bunda.

Bentuk komunikasi bayi 1 bulan dilakukan melalui tangisan. Menangis pun menjadi cara bayi mengatakan bahwa dirinya sedang lapar, mengantuk atau tidak nyaman dengan situasi sekitar.

Simak ulasan lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video apakah bayi baru lahir perlu dipakaikan sarung tangan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
INI HAL YANG BUNDA PERLU PERHATIKAN PADA BAYI 1 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!