sign up SIGN UP search


parenting

10 Jurus Jitu Bangun Kreativitas & Imajinasi Si Kecil ala Caca Tengker

Erika Dyah   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 20:36 WIB
Caca Tengker Foto: Tangkap Layar Webinar LEGO
Jakarta -

Kreativitas menjadi satu hal yang penting untuk ditanamkan pada anak sejak dini. Hal ini juga jadi salah satu perhatian Public Figure sekaligus Ibu dari 2 orang anak, Caca Tengker.

Perempuan yang juga disibukkan dengan aktivitasnya sebagai psikolog klinis dewasa ini membagikan tipsnya untuk para Bunda agar dapat membangun kreativitas dan imajinasi Si Kecil sejak dini. Menurutnya, Bunda dapat mengasah anak lebih kreatif lewat berbagai permainan menyenangkan, termasuk LEGO. Adapun tips ini diungkapnya dalam webinar #PermainanTerusBerubah - Mendorong Perkembangan Anak Lebih Maju Melalui Kreativitas dan Imajinasi Bersama LEGO Bricks.

Ingin tahu jurus jitu Caca Tengker dalam membangun kreativitas dan imajinasi anak? Simak informasinya berikut ini.


1. Beri Permainan yang Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Adik Nagita Slavina ini mengungkapkan pentingnya mengajak anak bermain sambil memecahkan suatu masalah. Menurutnya, hal ini dapat diasah lewat permainan sederhana, seperti petak umpet atau bermain LEGO dengan tantangan membuat sesuatu. Caca menilai dengan hal ini, anak-anak akan mendapat stimulasi untuk berpikir dalam memecahkan suatu masalah.

2. Sediakan Banyak Pengalaman untuk Eksplor Lingkungan

Caca menyebut orang tua sebisa mungkin harus menyediakan pengalaman bermain sebanyak-banyaknya bagi Si Kecil. Misalnya, dengan ajak anak bermain LEGO dengan membentuknya jadi binatang dan membuat cerita dari karakter yang dibentuk.

"Kita juga bisa ajak anak bikin lego di kamar, outdoor, atau di kamar mandi. Itu semua bisa dicoba. Yang jelas anak butuh banyak pengalaman dari kita biar dia bisa tahu cara eksplor lingkungannya," ungkap Caca dalam webinar yang digelar detikcom bersama LEGO Indonesia, Rabu (23/11/2022).

3. Ajak Anak Berkreasi

Dalam permainan LEGO, tersedia instruksi cara pembuatan yang bisa membantu orang tua dan Si Kecil. Namun Caca menyarankan para Bunda untuk menggunakan tools yang sama untuk bikin sesuatu yang berbeda demi menstimulasi anak untuk berkreasi.

4. Break The Rules

Lewat poin yang satu ini, Caca mengajak para Bunda untuk mengajarkan anak bahwa satu hal tidak hanya bisa dilakukan dengan satu cara saja. Sehingga, anak-anak boleh sesekali 'break the rules' agar bisa berkreasi lebih bebas.

"Kita tuh bikin salah sedikit atau berlaku di luar yang seharusnya itu nggak apa-apa lho. Kalau di orang dewasa, kita sering disuruh thinking outside the box. Jadi walaupun udah ada sesuatu (instruksi) kita harus break the rules untuk bikin sesuatu yang lebih inovatif lagi," jelasnya.

5. Sediakan Alat-alatnya

Bagi Bunda yang ingin mengajak Si Kecil bermain building blocks, tentu penting sekali untuk menyediakan alat. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikan permainan dengan usia Si Kecil.

"Kalau yang (ukurannya) terlalu kecil kurang cocok untuk anak yang lebih kecil. Takut tertelan atau tersedak dan lainnya," sebut Caca.

6. Biarkan Berantakan

Perempuan yang memiliki nama lengkap Alsi Mega Marsha Tengker ini mengaku paham dengan kekhawatiran orang tua saat melihat sesuatu yang berantakan. Namun menurutnya, membiarkan Si Kecil 'berantakan' bisa membuat anak dapat melatih fleksibilitasnya bahwa semua hal tidak harus sesuai harapannya atau tertata.

"Saat kita tetap tenang di situasi berantakan, ini juga bisa mengajarkan anak kalau ini adalah sesuatu yang bisa dibereskan. Bukan sesuatu yang harus bikin kita panik," terang Caca.

7. Ajak Bercerita

Dari balok-balok kecil LEGO, anak bisa mengkreasikannya menjadi berbagai macam bentuk. Lewat bentuk-bentuk yang kreatif dan imajinatif ini Bunda juga bisa ajak anak bercerita dan mengasah imajinasinya lebih bebas lagi.

8. Bikin Gerakan Kreatif

Menurut Caca, gerakan kreatif juga bisa membantu anak lebih kreatif. Sebab, gerakan-gerakan seperti joget akan bantu anak terstimulasi untuk buat sesuatu yang kreatif.

9. Dorong Anak Tidak Takut Salah

Menyambung 'break the rules', Caca memberi tips bagi para Bunda untuk memberi tahu apakah anak harus mengikuti instruksi atau tidak saat melakukan suatu permainan. Ketika anak melakukan kesalahan dalam permainan tersebut, Bunda juga bisa ingatkan agar anak tidak khawatir atau takut.

"Kalau anak ada ketakutan salah, mereka biasanya akan sulit berpikir kreatif. Bisa dibayangin saat kita deg-degan melakukan sesuatu, pasti untuk kita thinking outside the box atau berpikir kreatif akan sulit banget karena kita sudah terkungkung harus melakukan sesuatu yang benar," tuturnya.

Caca melihat anak yang lebih rendah kecemasannya bisa lebih terbuka untuk bereksplorasi dan rasa ingin tahunya pun akan lebih meningkat.

10. Respons Proses Anak

Terakhir, ibu dari Ansara dan Aruni ini mengingatkan Bunda untuk lupa merespons proses anak sekecil apapun.

"Bukan hasilnya yang harus bagus di mata orang dewasa, tapi nilai proses anak yang mau melakukan sesuatu dan punya keinginan serta kegigihan dalam menyelesaikan sesuatu atau berkreasi yang harus direspons," tegasnya.

Nah, itu tadi 10 tips dari Caca Tengker yang bisa bantu Bunda lebih aktif dalam membangun kreativitas dan imajinasi Si Kecil lewat permainan-permainan menyenangkan. Salah satunya bermain LEGO yang bisa bantu perkembangan Si Kecil.

(fas/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!