sign up SIGN UP search

parenting

Benarkah Ada Vitamin untuk Anak yang GTM agar Lahap Makan? Ini Kata Dokter

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 28 Nov 2022 13:00 WIB
Close-up shot of unrecognizable pediatrician giving vitamins to little patient sitting on laps of his mother Ilustrasi Vitamin untuk Anak GTM/Foto: Getty Images/iStockphoto/SeventyFour
Jakarta -

Anak-anak yang melakukan mogok makan atau gerakan tutup mulut (GTM) biasanya akan menghambat asupan nutrisi masuk ke dalam tubuhnya. Karena itu, Bunda mungkin langsung memberikan mereka susu sebagai makanan tambahan.

Meski diperbolehkan, sebaiknya susu tidak dijadikan sebagai makanan utama ya, Bunda. Jika anak masih terus melakukan GTM hingga beberapa bulan ke depan, pertumbuhannya bisa terganggu.

Pada anak yang mogok konsumsi makanan cair, pemberian susu sebagai makanan pengganti bisa dikonsumsi selama tiga hari saja. Lebih dari itu, lemak mulai dipecah dan Si Kecil tidak bisa mendapatkan kalori untuk energi.


Selain pemberian susu, ada pula orang tua yang memberikan suplemen kepada Si Kecil untuk mengatasi GTM. Lantas apakah hal ini efektif dilakukan?

Vitamin untuk anak GTM

Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Aryono Hendarto, Sp.A (K), MPH, menjelaskan bahwa pemberian suplemen atau vitamin pada anak yang mogok makan atau GTM perlu diperhatikan. Jika anak memang membutuhkan suplemen, sebaiknya berikan suplemen dengan kandungan yang sudah diketahui.

"Kalau suplemen di berikan yang isinya vitamin dan mineral, masih diperbolehkan. Namun, harus sesuai dengan kebutuhan dengan kebutuhan anak," jelasnya pada HaiBunda, belum lama ini.

Tak hanya itu, Bunda juga perlu mengetahui kalau anak mengalami kekurangan atau kelebihan mikronutrien. Jangan memilih produk suplemen yang tidak jelas bahan kandungan serta tidak mencantumkan angka gizinya.

Pemberian suplemen ini diperbolehkan asal mengandung vitamin dan mineral. Namun, apakah bisa mengatasi anak GTM?

Lebih lanjut, dr. Aryono menjelaskan kekurangan vitamin dan mineral bisa mengurangi nafsu makan anak. Namun, pemberian suplemen tidak ada gunanya pada anak-anak yang tidak membutuhkannya.

"Apalagi jika ternyata anak menolak makan karena cara pemberian makan yang kurang benar (inappropriate feeding practise) dan neophobia. Pemberian suplemen tidaklah berguna," paparnya.

Ada bahan-bahan makanan penambah nafsu makan yang bisa diberikan pada anak. Simak selengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video cara atasi anak susah makan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
JAHE HINGGA KUNYIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!