sign up SIGN UP search

parenting

Benarkah Ada Vitamin untuk Anak yang GTM agar Lahap Makan? Ini Kata Dokter

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 28 Nov 2022 13:00 WIB
JAHE HINGGA KUNYIT
Cup of tea with ginger root on grey wooden table caption

Bahan makanan penambah nafsu makan

Melansir dari laman Firstcry Parenting, ada beberapa bahan makanan yang dipercaya sebagai penambah nafsu makan yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil. Berikut ini deretannya:

1. Jahe

Jahe merupakan bahan multifungsi yang digunakan dalam ilmu kesehatan baik di Indonesia maupun negara lainnya, Bunda. Ditambahkan sedikit susu, jahe bisa mengembalikan sistem pencernaan yang menurun.

2. Air Lemon

Air lemon bisa membersihkan langit-langit mulut dan mengembalikan nafsu makan dengan cepat. Bunda bisa membuat air atau jus lemon untuk anak.


Cukup beri satu gelas dapat membuat sistem pencernaan aktif dan anak jadi mau makan. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ya, Bunda.

Banner Kembar AIUEO

3. Biji labu

Kandungan zinc dalam biji labu bisa memengaruhi proses pencernaan, Bunda. Sedikit biji labu yang dikonsumsi sudah bisa meningkatkan nafsu makan.

4. Kacang-kacangan

Kandungan zinc dalam kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan. Namun, jika si kecil berusia kurang dari 1 tahun atau memiliki alergi, sebaiknya tanyakan ke dokter.

5. Kunyit

Kunyit berfungsi mengobati banyak hal mulai dari infeksi hingga gangguan pencernaan. Cukup mencampurkan kunyit dengan ghee (mentega yang dibuat susu sapi) dan memberikannya pada anak sebelum makan dapat mengembalikan nafsu makan.

Sebelum memberikan bahan-bahan makanan di atas, Bunda juga bisa konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, ya. Dokter bisa menyarankan bahan makanan yang sesuai dengan kondisi Si Kecil.

(mua/fir)
fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!