sign up SIGN UP search

parenting

Ketahui Perbedaan GTM dan Picky Eater, Seperti Apa Cara Mengatasinya?

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 30 Nov 2022 12:26 WIB
toddler girl eating  healthy  vegetable sitting on high chair beside a dinner table at home caption
Jakarta -

Si Kecil sedang dalam masa menolak makanan yang Bunda berikan, ya? Wah, bisa jadi mereka sedang melakukan gerakan tutup mulut atau GTM, nih.

GTMĀ merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mengartikan mogok makan pada anak. Hal ini umumnya terjadi ketika Si Kecil sudah dikenalkan pada makanan padat.

Kalau anak melakukan GTM dalam beberapa hari, Bunda tidak perlu khawatir. Namun, ketika Si Kecil melakukan GTM selama berminggu-minggu, Bunda perlu mencari tahu penyebab dan solusinya.


Selain GTM, ada juga istilah picky eater, Bunda. Namun, hal ini berbeda dengan GTM, ya. Seperti apa perbedaannya?

Perbedaan picky eater dan GTM

Picky eater biasanya dilakukan pada anak usia 1 hingga 3 tahun. Ini merupakan hal normal karena anak yang picky eater hanya menolak untuk makan salah satu dari kelompok makanan. Artinya, mereka masih menyukai jenis makanan lainnya.

Hal ini turut diungkapkan oleh Dokter Spesialis Anak, Dr. dr. Aryono Hendarto, Sp.A (K), MPH. Anak yang menolak satu jenis makanan tetap bisa tumbuh dengan baik dan cerdas.

"Misalnya, di kelompok karbohidrat, anak tidak mau makan nasi kemudian membuat Bunda cemas. Padahal, tidak ada aturan kalau kita harus makan nasi setiap harinya. Nasi masih bisa diganti dengan sumber karbohidrat lain seperti jagung, sagu, dan roti," katanya pada HaiBunda, belum lama ini.

"Anak tetap dapat tumbuh baik dan cerdas. Ingat, Bunda, yang tidak boleh adalah ketika tidak makan karbohidrat sama sekali," lanjutnya.

Tak hanya itu, Aryono menjelaskan bahwa picky eater ini bisa menjadi salah satu penyebab anak melakukan GTM. Terutama jika anak kerap diberikan susu secara terus menerus.

"Pemberian susu terus-menurus saat anak GTM juga bisa mengakibatkan picky eater. Susu bukan lagi pelengkap, melainkan masuk ke dalam kelompok menu empat bintang. Sehingga apabila hanya diberikan susu saja, akan timpang dengan tiga kelompok lainnya yaitu karbohidrat, protein, buah, dan sayuran," imbuhnya.

Lantas bagaimana cara terapi dan mengatasi picky eater ya, Bunda? Simak selengkapnya di laman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video cara mengatasi GTMĀ pada anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
BIARAKAN ANAK MEMBANTU DI DAPUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!