sign up SIGN UP search

parenting

Tanda Anak Menolak Makan Sudah Berbahaya, Kapan Harus Segera ke Dokter?

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 30 Nov 2022 16:55 WIB
An asian mommy feeding baby girl who sitting in high chair. little girl eating rice and healthy nutrition food. Parents feed kids concept. Ilustrasi Tanda Anak Menolak Makan Sudah Berbahaya/Foto: iStock
Jakarta -

Anak yang menolak makan atau melakukan gerakan tutup mulut (GTM) kerap ditemui selama masa pengenalan makanan padat atau MPASI, Bunda. Ada banyak hal yang menjadi penyebab anak menjadi tidak mau makan.

Meski begitu, GTM adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Namun, Bunda harus segera mencari penyebab dan solusinya jika Si Kecil melakukan GTM selama berbulan-bulan lamanya.

Anak yang mogok makan dalam waktu lama pasti akan berpengaruh pada nutrisinya. Pengaruh GTM ini baru akan terlihat efek sampingnya setelah 6 bulan kemudian.


Anak yang menolak untuk makan memiliki tanda-tanda yang bisa dilihat oleh Bunda. Hal ini diungkapkan langsung oleh Dokter Spesialis Anak, dr. K.S. Denta, M.Sc, Sp.A.

Dokter Denta menjelaskan, ada beberapa tanda anak mengalami GTM atau menolak makan. Salah satunya adalah anak tidak tertarik ketika diberikan makanan.

"Tanda-tandanya bisa dengan tutup mulut, melengos saat diberikan makan, dan tanda-tanda menolak makan yang lain," katanya pada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Tanda anak menolak makan

Dokter Spesialis Anak sekaligus Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM, Dr. dr. Aryono Hendarto, Sp.A (K), MPH, menjelaskan anak yang mengalami GTM tidak selalu memiliki tubuh yang kurus. Anak yang terlihat gemuk belum tentu memiliki gizi mikro yang tercukupi.

"Ditemui dalam beberapa kasus, anak gemuk malah kadar sel darah merahnya (hemoglobin) dalam darah rendah. Ini mengindikasikan anak kekurangan zat gizi mikro yaitu zat besi," paparnya dalam wawancara bersama HaiBunda.

Dokter Aryono mengungkap tanda lain yang menjadi red flag anak GTM dalam kondisi berbahaya. Misalnya sebagai berikut:

  • Gangguan sistem pencernaan
  • Gangguan sistem pernapasan
  • Muntah
  • Diare berulang
  • Infeksi lainnya

Ketika hal ini terjadi, Bunda baiknya segera membawa anak ke dokter, ya. Terlebih saat berat badan Si Kecil sudah tidak sesuai dengan target.

"Dibawa ke dokter kalau berat badan enggak sesuai dengan target," tuturnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi GTM pada anak ya, Bunda? Simak selengkapnya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
JANGAN PAKSA ANAK UNTUK MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!