sign up SIGN UP search

parenting

Menstruasi Lebih Cepat Apakah Jadi Tanda Pubertas Dini pada Anak?

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 14 Jan 2023 19:00 WIB
Ciri pubertas dini caption
Jakarta -

Setiap anak pasti akan mengalami masa pubertas, Bunda. Masa pubertas sendiri merupakan masa transisi atau perubahan di mana anak beranjak menjadi dewasa.

Ketika dalam masa pubertas, tubuh anak mengalami perubahan dan berkembang. Tubuh mereka juga akan tumbuh lebih cepat daripada sebelumnya.

Mengutip dari situs resmi idai.or.id, pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi lebih awal dibandingkan anak laki-laki. Biasanya masa transisi ini dimulai pada usia 8 hingga 13 tahun, dengan rata-rata terjadi pada usia 10 tahun.


Ketika anak mulai mengalami perubahan sebelum usia tersebut, dapat dikatakan anak mengalami pubertas dini, Bunda. Pubertas dini sendiri umum terjadi pada anak perempuan.

Lantas, benarkah menstruasi lebih cepat menjadi tanda anak alami pubertas dini?

Tanda awal anak perempuan pubertas

Menurut dokter spesialis anak, dr. K.S. Denta, M.Sc, Sp.A, menstruasi lebih awal bukanlah tanda anak mengalami pubertas dini, Bunda. Tanda awal anak perempuan mengalami pubertas dini adalah tumbuhnya payudara.

"Tanda pubertas dini pada perempuan adalah payudara tumbuh dengan aerola melebar, sebelum usia 8 tahun," tuturnya pada HaiBunda, baru-baru ini.

Hal ini juga disetujui oleh dokter spesialis kandungan, dr. Liva Wijaya SpoG. Ia menjelaskan menstruasi akan terjadi setelah dua atau tiga tahun usia tumbuhnya payudara.

"Usia mens pertama kali biasanya dimulai 2-3 tahun setelah perkembangan payudara pertama kali," ungkapnya.

Lebih lanjut, dr. Liva mengatakan tanda pubertas atau seks sekunder yang berkembang pertama kali adalah pertumbuhan payudara dan rambut kemaluan. Setelahnya, anak baru akan mengalami menstruasi.

"Tanda seks sekunder yang berkembang pertama kali adalah payudara dan rambut kemaluan, baru kemudian muncul mens. Jadi kalau menstruasi terjadi di usia 7 tahun, kita bisa sebut pubertas prekoks karena mens biasanya muncul 2-3 tahun setelah perkembangan seks sekunder," kata dr Liva.

Lantas apa yang menyebabkan pubertas dini pada anak ya, Bunda? Klik baca halaman berikutnya untuk melihat penjelasan lengkapnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



DISEBABKAN OLEH KELAINAN GENETIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!