sign up SIGN UP search

parenting

5 Perubahan Miss V Sesuai Usia, Dimulai dari Masa Pubertas Anak Perempuan

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 22:05 WIB
Close up view of young woman and Hand is a symbol of heart over her crotch. Feminine hygiene concept. Ilustrasi Perubahan Miss V Sesuai Usia/Foto: Getty Images/iStockphoto/Teerasak1988
Jakarta -

Pubertas merupakan masa di mana anak bertransisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Ketika ini terjadi, ada berbagai bagian tubuh yang berubah, misalnya saja perubahan bentuk miss V atau vagina pada anak perempuan.

Vagina merupakan saluran otot yang elastis dengan lapisan yang lembut dan fleksibel, Bunda. Vagina menghubungkan rahim dengan dunia luar.

Melansir dari laman Healthline, ketika memasuki penghujung masa pubertas, anak perempuan biasanya mengalami menstruasi. Vagina menjadi saluran yang berfungsi untuk aliran menstruasi dari rahim.


Selama hidup, vagina mengalami banyak perubahan, Bunda. Perubahan pertama dialami ketika anak perempuan mengalami masa pubertas. Selanjutnya, vagina akan terus perubahan seiring dengan adanya persalinan dan masa menopause.

Banyak ahli mengatakan perubahan pada vagina sama seperti perubahan pada kulit Bunda. Seiring dengan berjalannya usia, kulit usia muda akan berganti dengan kulit yang lebih tua.

"Salah satu cara untuk memikirkan perubahan pada vagina adalah dengan bercermin dan memikirkan perubahan pada wajah Anda," kata Dr. Donnica Moore, seorang ginekolog, dilansir Insider.

Perubahan vagina di masa pubertas

Masa pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi pada usia 8 hingga 13 tahun, Bunda. Ketika masa pubertas terjadi, kadar hormon estrogen meningkat dan vagina anak pun mulai matang.

Akibat dari peningkatan kadar estrogen ini, anak mulai merasakan sensasi dan dorongan seksual. Ketika ini terjadi, Bunda bisa beritahu anak tentang fakta dan rutinitas kebersihan area kewanitaan.

"Bantu anak terbiasa melakukan kontak dengan vagina mereka," kata Donnica.

Selama masa pubertas, vagina juga mungkin akan mulai ditumbuhi oleh rambut-rambut halus. Rambut kemaluan yang tumbuh pada setiap orang pun beragam, Bunda. Bisa jadi memiliki warna dan ketebalan yang berbeda.

Ovulasi juga mulai terjadi selama masa pubertas, Bunda. Saat berovulasi, proses di mana sel telur yang matang bergerak dari indung telur ke tuba falopi di mana bisa dibuahi. Setelahnya, akan ada cairan mirip lendir yang berasal dari vagina.

Perubahan miss V sesuai usia

Miss V atau vagina akan terus mengalami perubahan sesuai usia. Menilik dari laman Insider, berikut ini penjelasannya:

1. Perubahan vagina usia 20-an

Di usia 20-an, labia atau bibir bagian dalam dan luar pada vagina dapat membesar bahkan berubah warna. Donnica mengatakan bahwa tidak ada ukuran atau warna yang ideal karena tampilannya bervariasi.

Ketika wanita usia 20-an sudah menikah dan mulai menggunakan KB, perubahan dapat terlihat pada metode kontrasepsi yang dipilih. Tak hanya itu, wanita yang sudah menikah di usia ini juga mulai bisa melakukan pemeriksaan pap smear untuk mencegah adanya kanker serviks.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat perubahan miss V di usia lainnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video penyebab dan dampak anak terlambat pubertas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KADAR ESTROGEN BERKURANG DI USIA 40-AN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!