sign up SIGN UP search

parenting

Kandungan pada Air Mineral Bisa Cegah Diabetes? Cek Faktanya Bun!

Atta Kharisma   |   Haibunda Selasa, 17 Jan 2023 08:10 WIB
Ilustrasi wanita minum air mineral caption
Jakarta -

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang harus diwaspadai, Bunda. Bahkan, International Diabetes Federation (IDF) menyebut Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara di dunia dengan jumlah pasien diabetes terbanyak.

Lebih mengejutkannya lagi, jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat loh Bunda. Fakta ini tentunya cukup mengkhawatirkan dan mendorong masyarakat Indonesia untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Bicara soal gaya hidup sehat, mungkin akan terlintas hal-hal seperti mengonsumsi sayuran dan berolahraga secara rutin. Tapi Bunda, diabetes sebenarnya bisa dicegah dengan satu hal sederhana, yaitu memperbanyak konsumsi air putih.


Dilansir Medical News Today, air mineral mengandung zinc, kalium, dan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi apakah Bunda tahu kalau keempat mineral tersebut juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes?

Berikut penjelasannya dilansir dari berbagai sumber.

1. Zinc

Diabetes adalah penyakit hormonal yang terkait dengan malfungsi hormon insulin di dalam tubuh. Pada kondisi ini, Zinc berperan penting dalam membantu keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Tak hanya itu Bunda, zinc disebut bisa membantu terapi perawatan diabetes di masa depan. Tim peneliti dari Universitas St Andrews di Skotlandia mengungkapkan zinc dapat memecah gumpalan lemak darah yang biasa dialami pasien diabetes dengan risiko komplikasi seperti stroke dan jantung.

2. Kalium

Kalium adalah salah satu mineral yang krusial bagi tubuh. Sebab jika kadarnya rendah, maka risiko terkena diabetes akan semakin meningkat loh Bun.

Pada diabetes, kalium sangat berguna untuk meningkatkan kepekaan insulin. Hal ini membuat proses pengurasan gula dalam darah berlangsung efektif. Selain itu, kalium juga bisa menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung pada diabetasi.

3. Magnesium

Pada dasarnya, magnesium memiliki kemiripan dengan Vitamin B7 Bunda. Magnesium berperan dalam metabolisme karbohidrat, yang secara langsung mendorong kerja insulin agar semakin efektif.

Magnesium juga menjadi salah satu mineral yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Sebab, diabetasi umumnya memiliki kadar magnesium yang cenderung rendah karena ikut dikeluarkan melalui urin saat kadar gula darah tinggi.

Karena itu Bunda, pastikan air mineral menjadi bagian dari pola hidup sehat sehari-hari ya. Tapi jangan sembarang pilih air mineral. Bunda bisa memilih air mineral yang mengandung mineral esensial seperti Le Minerale.

Le Minerale mengandung mineral esensial dengan komposisi seimbang dan terjaga kualitasnya. Anda dapat melihat sendiri kandungan mineral tersebut dalam nutrition fact yang tertera di balik kemasan, yaitu natrium, kalium, kalsium, magnesium, bikarbonat, dan lain sebagainya.

Mineral-mineral ini yang kita butuhkan untuk tubuh. Oleh karenanya selain mendapatkan mineral dari sayuran dan buah- buahan, ternyata air mineral yang mengandung mineral esensial juga dapat membantu mendukung asupan mineral loh, Bun. Pasalnya, air mineral ini porsinya paling sering dan paling banyak kita konsumsi dalam keseharian kita.

Jadi, jangan asal pilih air mineral yang kita konsumsi sehari- hari, karena tidak semua air mineral mengandung mineral esensial yang berkualitas. Yuk cek kandungan air mineral kita!

(fas)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!