sign up SIGN UP search

parenting

Apa yang Dimaksud dengan Pubertas Prekoks? Ini Dampaknya pada Kesehatan Anak

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 17 Jan 2023 17:35 WIB
Caring mother calming and hugging crying upset little daughter, sitting at desk together, loving mum expressing support, comforting offended preschool girl, children psychologist concept caption
Jakarta -

Pubertas adalah waktu ketika tubuh anak mulai mengalami perubahan menuju tubuh orang dewasa, Bunda. Pada beberapa anak, terjadi pula pubertas prekoks atau pubertas dini.

Pubertas prekoks merupakan pubertas yang terlalu dini. Pada anak perempuan, biasanya pubertas prekoks terjadi sebelum usia 8 tahun, sedangkan pubertas anak laki-laki terjadi sebelum usia 9 tahun.

Penyebab pubertas prekoks seringkali tidak bisa ditemukan, Bunda. Sementara itu, pada beberapa kondisi, pubertas prekoks terjadi karena adanya infeksi, kelainan hormon, tumor, atau cedera otak.


Penyebab terjadinya pubertas prekoks

Menurut dokter spesialis kandungan, dr. Liva Wijaya SpoG, pubertas prekoks terjadi akibat adanya hormon seks yang merangsang organ sebelum waktunya, Bunda. Tak hanya itu, pubertas prekoks juga bisa disebabkan oleh produksi hormon steroid seks baik di dari dalam maupun luar tubuh.

"Terjadinya pubertas prekoks akibat adanya hormon seks yang merangsang organ sebelum waktunya, bisa berasal dari sistem saraf pusat misalnya ada tumor, kelainan dapatan seperti infeksi atau trauma yang menyebabkan pusat produksi hormon seks bekerja sebelum waktunya," katanya pada HaiBunda, baru-baru ini.

"Atau penyebab dari perifer yaitu adanya produksi/paparan hormon steroid seks dari dalam atau luar tubuh," sambungnya.

Risiko kesehatan pubertas prekoks

Dokter Liva juga menjelaskan semakin muda usia pubertas anak, maka semakin banyak risiko kesehatan yang akan terjadi pada anak. Beberapa di antaranya adalah sindrom metabolik dan kanker.

"Semakin muda usia pubertas, ada risiko peningkatan sindrom metabolik, kanker endometrium, dan (kanker) payudara. Semakin terlambat usia pertama kali mens, berhubungan dengan peningkatan risiko osteopenia dan osteoporosis," tuturnya.

Pubertas prekoks dibagi menjadi dua jenis, Bunda. Penasaran dengan penjelasannya? Simak selengkapnya pada laman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video menstruasi lebih cepat pada anak perempuan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PUBERTAS PREKOKS SENTRAL DAN PERIFER
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!