sign up SIGN UP search

parenting

Terapi Hormon untuk Atasi Pubertas Dini, Benarkah Hanya Dialami Anak Perempuan?

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 17 Jan 2023 12:25 WIB
Young doctor giving COVID 19 vaccine to young woman at home caption
Jakarta -

Anak-anak pasti akan mengalami masa pubertas dalam hidupnya, Bunda. Masa pubertas ini menjadi tanda bahwa anak akan bertransisi menuju kedewasaan.

Sayangnya, beberapa anak mungkin mengalami pubertas dini. Pubertas dini merupakan kondisi di mana anak mengalami perubahan menuju kedewasaan sebelum waktunya.

Pada anak perempuan, pubertas dini biasanya terjadi sebelum usia 8 tahun. Sementara itu, pubertas dini pada anak laki-laki terjadi sebelum usia 9 tahun.


Jenis pubertas dini

Melansir dari laman WebMD, ada dua jenis pubertas dini yang umumnya terjadi pada anak, Bunda. Keduanya adalah pubertas prekoks sentral dan pubertas prekoks perifer.

Pubertas prekoks sentral merupakan kondisi saat otak memulai proses pubertas yang normal, yang dipicu oleh pelepasan berbagai hormon, tetapi terjadi lebih awal. Sementara itu, pubertas prekoks preifer biasanya berkembang ketika ada kelebihan produksi hormon seks dari kista atau tumor.

Terapi hormon untuk atasi pubertas dini

Umumnya, pubertas dini dapat diatasi dengan berbagai pengobatan yang mempengaruhi hormon anak, Bunda. Anak yang mengalami pubertas dini bisa melakukan rangkaian terapi hormon yang dianjurkan.

Dokter spesialis anak, dr. K.S. Denta, M.Sc, Sp.A, menjelaskan terapi hormon memang bisa mengatasi kondisi pubertas dini pada anak, Bunda. Namun, terapi yang dilakukan harus sesuai dengan penyebab terjadinya pubertas dini.

"Tergantung dari penyebab pubertas dininya. Tapi iya, memang ada terapi hormonnya untuk perempuan dan laki-laki," katanya pada HaiBunda, belum lama ini.

Terapi hormon yang diberikan pada anak ini mungkin menyebabkan berbagai efek samping. Karena itu, pengobatannya harus terus didampingi dan dipantau oleh dokter.

Perlu diingat, efek samping terapi hormon juga akan berbeda-beda pada setiap orang. Bisa saja anak tidak mengalami efek samping seperti yang dialami oleh temannya yang lain yang mengikuti terapi serupa.

Tak hanya itu, ada pula jenis pengobatan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi pubertas dini, Bunda. Simak selengkapnya di laman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



PUBERTAS DINI PADA ANAK PEREMPUAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!