sign up SIGN UP search

parenting

13 Obat Biang Keringat Bayi & Anak Remaja, Alami hingga yang Tersedia di Apotek

Kinan   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 18:15 WIB
Obat Biang Keringat 13 Obat Biang Keringat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Henadzi Pechan

Kulit anak-anak, terutama di usia bayi, masih sangat rentan mengalami masalah. Salah satunya biang keringat. Apa saja obat biang keringat untuk bayi dan anak remaja yang dapat digunakan?

Dikutip dari Healthline, biang keringat adalah masalah pada kulit berupa ruam bintik merah yang sering terjadi pada cuaca panas. Kondisi ini dapat berlanjut jadi iritasi, gatal dan tidak nyaman.

Biang keringat pada bayi dan anak-anak bisa muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi lebih sering di area sekitar lipatan kulit seperti leher, dekat selangkangan, dan di bawah lengan.


Munculnya ruam merah ini terjadi ketika produksi keringat berlebih menghalangi pori-pori kulit. Anak-anak di usia bayi rentan mengalaminya, terutama jika cuaca sedang panas.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam laman resminya, kulit bayi masih dalam tahap penyempurnaan. Proses penyerapan dan pengeluaran keringat pun jadi belum bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Maka dari itu, bayi menjadi lebih mudah terkena ruam dan biang keringat. 

Obat biang keringat alami untuk bayi dan anak

Sebelum memberikan obat apotek, Bunda bisa coba memberikan pengobatan alami terlebih dahulu untuk mengatasi biang keringat pada bayi dan anak-anak. Berikut pilihannya:

1. Kompres air sejuk

Kompres air sejuk disebut dapat menenangkan kulit yang teriritasi, termasuk saat sedang muncul ruam dan biang keringat. Gunakan handuk bersih dan rendam dalam air sejuk, lalu usapkan secara lembut ke kulit bayi yang iritasi.

Cara ini bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat iritasi biang keringat. 

2. Oatmeal

Studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology menyatakan bahwa bahan colloidal oatmeal efektif untuk meredakan kulit kering dan gatal.

Masukkan 1-2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi berisi air suam-suam kuku, mandikan anak dengan air oatmeal. Pastikan airnya tidak terlalu dingin agar bayi tetap nyaman.

3. Gel lidah buaya

Lidah buaya adalah obat alami topikal untuk penyakit kulit, sekaligus dapat membantu menenangkan kulit gatal.

4. Mandi air sejuk

Selain kompres, Bunda juga bisa memberikan terapi mandi air sejuk sebagai obat alami biang keringat pada bayi dan anak-anak.

Hal ini dapat membantu membuka pori-pori. Ini sangat penting, sebab seperti disebutkan sebelumnya bahwa pori-pori yang tersumbat berkontribusi membuat biang keringat makin parah.

Tapi jangan lupa pastikan Bunda mengeringkan kulit bayi dengan benar setelah mandi, ya.

5. Pakaian berbahan tipis dan menyerap keringat

Pakaian yang berbahan tipis umumnya lebih mampu menyerap kelembapan. Kondisi ini pun dapat membantu menyembuhkan kulit bayi lebih cepat tanpa membuatnya iritasi.

Sebaliknya, pakaian yang berbahan terlalu tebal dapat membuat kulit anak semakin iritasi dan banyak menumpuk keringat.

6. Atur suhu ruangan

Dikutip dari Medical News Today, kebersihan dan kelembapan udara perlu mendapat perhatian orang tua saat anak terkena biang keringat.

Jika memungkinkan, biarkan anak tidur di kamar dengan penyejuk ruangan alias air conditioner (AC) atau gunakan kipas angin.

7. Minyak kelapa dan minyak zaitun

Obat alami untuk biang keringat pada anak berikutnya yakni dipijat lembut menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. 

Minyak kelapa memiliki sifat emolien dan antimikroba, sehingga dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Sementara itu, minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba alami yang baik untuk masalah kulit.

infografis biang keringatinfografis biang keringat/ Foto: HaiBunda

Obat biang keringat apotek untuk bayi dan anak

Selain obat alami, ada juga beberapa pilihan obat biang keringat di apotek yang bisa digunakan untuk bayi dan anak hingga usia remaja. Namun, untuk lebih aman sebaiknya tetap konsultasikan pada dokter sebelum membeli secara bebas ya. 

1. Caladine Baby Liquid Powder

Obat biang keringat untuk anak yang tersedia di apotek salah satunya Caladine Baby Liquid Powder. Produk ini mengandung calamine dan aloe vera, yang aman di kulit sensitif bayi.

Untuk anak yang sudah berusia lebih besar atau usia remaja, Bunda bisa memakaikan Caladine Lotion dengan kandungan calamine, zinc oxide dan diphenhydramine HCL. Keduanya sama-sama efektif meredakan gatal akibat biang keringat dan ruam merah.

Harga Caladine Baby Liquid Powder sekitar Rp38 ribu hingga Rp54 ribu, sementara Caladine Lotion sekitar Rp14 ribu hingga Rp20 ribu.

2. Salicyl Fresh

Obat biang keringat untuk anak berikutnya yakni Salicyl Fresh. Ini merupakan produk bedak yang digunakan untuk kulit dengan iritasi ringan, termasuk ruam dan biang keringat. Bedak ini mengandung sulfur PP, salicylic acid dan bahan-bahan lainnya.

Harga sekitar Rp16 ribu hingga Rp18 ribu.

3. Konicare Bedak Biang Keringat

Konicare Bedak Biang Keringat memiliki indikasi untuk meredakan gatal akibat biang keringat dan gangguan kulit lainnya, termasuk ruam popok pada bayi. Produk ini mengandung calamine, allantion, vitamin E dan minyak zaitun.

Harga sekitar Rp10 ribu hingga Rp30 ribu.

4. Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream

Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream diklaim mampu meredakan rasa gatal dan menenangkan kulit bayi yang sedang iritasi, termasuk akibat biang keringat.

Produk Aveeno ini mengandung colloidal oatmeal, yang membantu menutrisi dan meningkatkan kelembapan alami kulit bayi.

Harga sekitar Rp129 ribu hingga Rp150 ribu.

5. Pure Baby Rash Cream Baby Lotion

Pure Baby Rash Cream Baby Lotion memiliki kandungan bahan aktif seperti zinc oxide, yang mampu meredakan ruam dan iritasi akibat biang keringat pada kulit bayi.

Losion ini juga mengandung extra moisturizer untuk melembapkan kulit bayi yang sensitif.

Harga sekitar Rp52 ribu hingga Rp80 ribu.

6. Zwitsal Extra Care Baby Cream With Zinc

Zwitsal Extra Care Baby Cream With Zinc diperkaya dengan zinc, yang memiliki manfaat untuk meredakan ruam kemerahan akibat iritasi. Produk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok.

Krim ini teruji hypo-allergenic, sehingga baik untuk digunakan kulit bayi yang sensitif.

Harga sekitar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu.

Demikian ulasan tentang berbagai pilihan obat alami dan obat apotek untuk mengatasi biang keringat anak-anak. Jika biang keringat tak kunjung sembuh, jangan tunda segera konsultasi ke dokter, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak penjelasan mengenai biang keringat lainnya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!