sign up SIGN UP search

parenting

Usia Berapa Bayi Mulai Boleh Dipijat? Perhatikan Ini Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 07:55 WIB
Image of an Asian Chinese woman applying baby cream and massaging her baby boy after bath Ilustrasi Pijat Bayi/Foto: iStock
Jakarta -

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memiliki berbagai masalah dalam tubuhnya yang bisa diatasi dengan pijat. Tanpa disadari, memijat bayi bisa memberikan berbagai manfaat, lho.

Setiap usapan lembut penuh cinta yang diberikan oleh Bunda ketika memijat bayi dapat mempererat ikatan antara Bunda dengan Si Kecil. Selama memijat, Bunda juga bisa berkomunikasi dengan bayi, sehingga mereka merasa dicintai dan diperhatikan.

Sayangnya, masih banyak orang tua yang takut memijat bayi mereka nih, Bunda. Jika demikian, Bunda bisa meminta ahli datang ke rumah dan memijat Si Kecil.


Usia bayi mulai boleh dipijat

Menurut Bidan Laili Romdina Amd. Keb, bayi mulai boleh dipijat sejak mereka lahir atau berusia 0 hari. Namun, Bunda juga bisa menunggu agar tali pusarnya puput sehingga bayi merasa lebih nyaman.

"Untuk bayi bisa dipijat dari usia 0 hari sebenarnya, tapi Bunda bisa menunggu sampai tali pusarnya puput," ungkap Bidan Laili dalam wawancara bersama HaiBunda saat ditemui di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, belum lama ini.

Tak hanya itu, Bunda juga perlu perhatikan kondisi bayi sebelum dipijat, ya. Jangan sampai bayi dipijat dalam kondisi demam.

"Yang paling penting ketika pijat bayi dari awal itu tidak boleh bayinya dalam kondisi demam," ungkapnya.

Tanda bayi tidak nyaman saat dipijat

Ketika dipijat, bayi juga bisa menunjukkan bahwa mereka merasa tidak nyaman. Pada bayi usia di bawah 3 bulan, mereka akan menangis kuat dan menggerak-gerakkan tubuhnya.

Sementara itu, Laili mengungkapkan bayi di atas 3 bulan akan jauh lebih ekspresif ketika mereka merasa tidak nyaman. Bayi bisa saja mendorong tagan terapis atau menjauh.

"Tapi kalau sudah di atas 3 bulan, bayi sudah lebih ekspresif, bayi sudah lebih mengenal siapa yang ada di sekitarnya, biasanya kalau tidak mau, bayi akan mendorong tangan terapis atau menjauh. jadi ciri-cirinya yang paling pertama pastinya menangis," papar Bidan Laili.

Lantas, adakah manfaat dari memijat bayi? Simak selengkapnya pada laman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video profil Bidan Laili berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PIJAT UNTUK MENSTIMULASI SENSORIK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!