sign up SIGN UP search

parenting

5 Cara Mendidik Anak Laki-laki agar Mandiri dan Pemberani, Buat Zona Aman

Mutiara Putri   |   Haibunda Senin, 30 Jan 2023 21:50 WIB
Small cute elementary age Asian boy learning and practicing putting on socks. Child sensory motor, muscle and sensory perception development stage in Montessori education. Self confidence and independence growth. caption
Jakarta -

Anak laki-laki identik dengan sifat maskulin seperti mandiri dan pemberani. Sifat-sifat ini tidak akan dimiliki oleh Si Kecil jika Bunda dan Ayah tidak mengajarkannya secara langsung.

Membangun kemandirian dan rasa berani adalah bagian dari keterampilan sosial individu anak. Kemandirian memungkinkan anak untuk merasa mereka memiliki kendali atas hidup mereka.

Ketika anak tidak diperbolehkan untuk mandiri, mereka mungkin akan menunjukkan berbagai reaksi dalam bentuk penolakan. Misalnya saja seperti marah dan acuh tak acuh.


Sementara itu, keberanian melibatkan anak membuat pilihan yang baik dalam menghadapi ketakutan, hambatan, atau masalah. Keberanian bukan berarti anak tidak merasakan takut ya, Bunda.

Cara mendidik anak laki-laki agar mandiri dan berani

Melansir dari laman Parents, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk mendidik anak laki-laki agar mandiri dan berani. Kalau penasaran, berikut ini deretannya:

1. Menjadi zona aman

Beberapa anak mencoba hal baru dengan penuh semangat, sementara yang lain menahan diri karena mereka merasa malu atau tidak ingin mencoba apapun sampai mereka yakin 100 persen. Jika anak merasa demikian, Bunda perlu menjadi zona yang aman bagi mereka.

Biarkan anak berada di pangkuan Bunda sampai mereka merasa nyaman. Ketika Bunda tidak memaksa, mereka akan mendapatkan ruang untuk terbiasa dengan hal tersebut.

2. Manfaatkan waktu tidur

Setelah anak tertidur, Bunda bisa masuk ke kamar mereka secara perlahan. Setelah itu, bisikkan ke telinga mereka hal-hal baik seperti, 'Bunda percaya padamu' atau 'Kamu pasti bisa'. Keesokan paginya, sapa mereka dengan kata-kata ceria seperti 'Selamat pagi, juara!' atau sebagainya.

Penelitian membuktikan hal ini berhasil pada anak-anak berusia 2 tahun ke atas. Ulangi sebanyak tiga atau empat kali seminggu sehingga anak tetap mendapatkan sugesti positif.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat tips lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat lagi video cara FairuzĀ ajarkan berani ke anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENDIDIK ANAK AGAR MANDIRI DAN BERANI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!