psikologi

'Anakku Disebut Monster karena Sindrom Langka yang Diidapnya'

Amelia Sewaka 24 Sep 2017
Ilustrasi anak dibully karena kondisi langka/ Foto: thinkstock Ilustrasi anak dibully karena kondisi langka/ Foto: thinkstock
Idaho, AS - Sang anak yang berusia 7 tahun memiliki sindrom langka. Rupanya yang berbeda dari anak lain membuat si kecil dibully. Ia dikatai monster dan disebut anah. Hati sang ayah hancur, lantas ia mencurahkan kesedihannya.

Dan Bezzant adalah nama ayah tersebut. Ia mengatakan betapa hancur hatinya ketika tahu buah hatinya Jackson, jadi korban bullying di sekolah. Ya, Jackson lahir dengan sindrom langka Treachers Collins, yang memengaruhi perkembangan tulang dan jaringan wajahnya. Seakan mencurahkan isi hatinya, Dan membuat tulisan di Facebook.

Hati Dan makin hancur karena mantan istrinya juga ikut-ikutan memanggil Jackson dengan sebutan 'monster'. Dalam tulisannya, Dan berharap para orang tua bisa mengedukasi anak-anaknya soal kondisi spesial teman mereka yang berkebutuhan khusus.

Baca juga: Tips Agar Anak Terhindar dari Bullying

Kepada People, Dan bilang dia menulis postingan di Facebook-nya sebagai permohonan pada semua orang tua untuk mengedukasi anak-anaknya dan mulai menyadari kalau bullying bukan lagi hal kecil. Ini adalah momen terberat, bahkan untuk dirinya yang notabene adalah orang dewasa. Bisa dibayangkan kalau ini terjadi pada anak-anak kan, Bun?

"Hati saya hancur sekarang, jiwa saya seperti dicabut dari dada saya, anak terindah saya Jackson harus menanggung rentetan komentar buruk dari ketidaktahuan orang-orang tentang kekurangannya. Ia dipanggil monster, jelek dan aneh di sekolahnya. Ia mengatakan bahwa ia ingin bunuh diri, ia bilang ia tidak punya teman dan semua orang membencinya. Anak lain melemparinya dengan batu dan mendorongnya meneriakkan kata-kata kasar. Tolong, tolong renungkan 1 menit dan bayangkan ia anak kalian," tulis Dan.

Anak dibully karena kondisi langka/Anak dibully karena kondisi langka/ Foto: Facebook Dan Bezzant
"Luangkan 1 menit untuk mengedukasi anak kalian tentang anak-anak berkebutuhan khusus, bicara pada mereka tentang cinta dan kasih sayang antar sesama. Kondisinya (Jackson) dinamakan Treacher Collins, bahkan ia akan menjalani operasi mengerikan beberapa tahun ke depan. Tolong.. Edukasi anak-anak kalian, tolong bagikan ini, seharusnya hal ini tidak terjadi pada siapapun," tambah Dan.

Sampai sekarang, curahan hati Dan sudah dibagikan oleh lebih dari 80 ribu netizen. Nggak lupa, mereka juga menyemangati Dan juga Jackson. Treacher Collins syndrome adalah sindrom yang memengaruhi perkembangan tulang dan jaringan wajah. Orang dengan sindrom ini dapat memiliki takik di kelopak mata bagian bawah, mata yang miring ke bawah dan penglihatan atau gangguan pendengaran karena kelainan perkembangan lainnya.

Baca juga: Trauma Karena Bullying, Risikonya Depresi Hingga Bunuh Diri

Bullying memang sebisa mungkin dicegah ya, Bun. Apalagi kalau terjadi pada anak-anak karena ini bisa berdampak buruk untuk masa depan merela. dr Andri SpKJ, FAPM, mengatakan anak berkebutuhan khusus sendiri sudah memiliki masalah, yakni kesulitan beradaptasi dan berkomunikasi dengan lingkungannya. Bullying yang mereka alami justru menambah daftar masalah tersebut, dan berisiko membuat trauma.

"Banyak pasien saya yang mengalami gangguan kecemasan, tidak pede hingga ketakutan biasanya terkait dengan masa lalu yang tidak baik, salah satunya adalah karena bullying," tutur dr Andri dikutip dari detikHealth.

Dikatakan dr Andri, penyebab terjadinya bullying sendiri sangat beragam. Namun biasanya, bullying muncul karena kornan dianggap berbeda dengan kondisi di sekitarnya. dr Andri menekankan, yang paling penting buat kita adalah jangan sampai membiarkan perilaku ini. Ketika melihat sendiri ada bullying terjadi, segera cegah dan jangan diteruskan.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi