psikologi

Reaksi Bocah Saat Tahu Adiknya Albino Ini Bikin Melting

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 17 Apr 2018 - 16.02 WIB
Reaksi Bocah Saat Tahu Adiknya Albino Ini Bikin Melting (Foto: Facebook Simply B Photography) Reaksi Bocah Saat Tahu Adiknya Albino Ini Bikin Melting (Foto: Facebook Simply B Photography)
Missouri - Anak kedua pasangan Taylor Dunnavant dan Chris ini lahir albino, Bun. Sejak lahir rambut si kecil berwarna putih karenanya. Taylor dan Chris pun agak was-was reaksi si sulung yang berumur 5 tahun bakal kayak gimana ya? Apakah dia bisa menerima kondisi adiknya berbeda?

Wajar aja ya, Bun, Taylor dan Chris punya kekhawatiran kayak gitu. Terlebih si sulung Brooklyn selama ini udah menanti-nanti banget kehadiran adiknya. Sama kayak si kecil Brooklyn, Chris dan Taylor sempat menebak kira-kira rambut anak keduanya akan berwarna cokelat tua atau cokelat muda.

"Kehamilan anak kedua memang berbeda buat saya. Bahkan waktu lahirnya lebih cepat dari perkiraan. Saat bayi kami lahir, perawat bilang nggak ada masalah dengan rambutnya. Kepalanya dipenuhi rambut yang lebat. Tapi, kami agak kaget ketika melihat bayi kami pertama kali," kata Taylor dikutip dari Cafe Mom.

Awalnya sempat shock, Chris dan Taylor kemudian tenang ketika diberi tahu dokter bahwa si kecil yang dikasih nama Noralynn Kay nggak berisiko memiliki masalah serius meski terlahir albino. Tapi, masih ada yang mengganjal nih, Bun, di benak pasangan ini yaitu gimana caranya mereka ngasih tahu ke anak pertamanya, Brooklyn, bahwa adiknya itu albino sehingga punya tampilan rambut yang berbeda.



Kata Taylor sebagai seorang ibu dia khawatir kondisi Nora yang albino bikin Brooklyn nggak sayang sama adiknya. Eh, tapi tahu nggak sih, Bun, reaksi Brooklyn saat tahu kondisi adiknya benar-benar di luar dugaan lho.

"Saya nggak bilang apa-apa pada Brooklyn. Tapi saat dia melihat Nora, dia bilang adiknya adalah peri salju kemudian bilang kalau Nora mirip Elsa di film 'Frozen'. Di situ saya merasa lega. Kekahwatiran saya bahwa anak saya bakal melihat adiknya berbeda lantas dia nggak menyayanginya sirna," tutur Taylor seperti dilansir Love What Matters.

Reaksi Bocah Saat Tahu Adiknya Albino Ini Bikin Melting/Reaksi Bocah Saat Tahu Adiknya Albino Ini Bikin Melting/ Foto: Facebook Simply B Photography


Dalam hati, Taylor bilang ternyata anak-anak termasuk Brooklyn yang umurnya baru 5 tahun nggak melihat perbedaan. Untuk ke depannya dia pun berharap orang-orang bisa seperti Brooklyn yang bisa menerima kondisi baby Nora dan tetap menyayanginya.

Dikutip dari detikHealth, masalah utama albino adalah tubuh nggak bisa menghasilkan pigmen melanin yang merupakan pigmen penting untuk menyerap sinar UV sehingga tubuh tidak mengalami kerusakan akibat sinar UV. Seperti kita tahu, melanin juga yang membentuk warna kulit, rambut dan mata, Bun.



Albino merupakan penyakit turunan. Itu artinya kalau si kecil lahir dengan kondisi albino maka gen tersebut masing-masing didapat dari orang tuanya. Kebanyakan anak yang mengalami albino lahir dari orang tua yang memiliki produksi melanin normal serta tidak menunjukkan adanya tanda-tanda memiliki gen albino.

Kalau orang tua hanya sebagai pembawa (carrier) dalam arti cuma punya satu gen albino dan satu gen normal, maka orang tua harus diberi tahu tentang informasi bagaimana untuk membuat pigmen menjadi normal. Gimana dengan perkembangan anak yang albino?

Pertumbuhan dan perkembangan anak yang albino sama seperti anak-anak yang lain seperti kesehatan secara umum, termasuk jangka waktu hidupnya, kepintaran, dan kemampuan untuk memiliki anak. Kita perlu tahu, Bun, untuk anak albino sebaiknya hindari terkena sinar matahari berlebih karena dia punya risiko yang lebih besar terkena kanker kulit akibat kurangnya pigmen melanin yang bisa melindungi kulit. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi