sign up SIGN UP search

rekomendasi-produk

14 Rekomendasi Suplemen Ibu Hamil yang Bantu Perkembangan Janin agar Sehat

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 09 Jan 2023 15:46 WIB
Ilustrasi Vitamin Ibu Hamil 13 Rekomendasi Suplemen yang Bantu Perkembangan Janin agar Sehat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Perkembangan janin yang sehat dapat ditunjang dengan asupan nutrisi yang lengkap. Selain dari makanan, Bunda bisa mendapatkan nutrisi lengkap ini dari suplemen.

Konsumsi suplemen saat hamil sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter ya, Bunda. Sumber utama nutrisi tetap diperoleh dari makanan sehari-hari.

Kebanyakan suplemen ibu hamil atau bumil mengandung asam folat dan zat besi. Kedua nutrisi ini dapat membantu perkembangan janin agar sehat.


Rekomendasi suplemen yang bantu perkembangan janin

Berikut 14 rekomendasi suplemen yang dapat membantu perkembangan janin, di video berikut:

1. Folamil Genio

Folamil Genio mengandung 1 miligram (mg) asam folat dan beberapa vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B kompleks, vitamin D3, dan vitamin E. Selain itu, suplemen ini juga mengandung DHA.

Harga suplemen ibu hamil

Satu kemasan Folamil Genio berisi 30 kapsul. Dosis konsumsinya adalah 1 kapsul per sehari atau sesuai anjuran dokter. Harga suplemen ini berkisar antara Rp120.000 sampai Rp160.000, Bunda.

2. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding

Suplemen dari Blackmores ini dapat digunakan saat kehamilan hingga menyusui. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding mengandung asam folat dan 17 nutrisi esensial yang dapat membantu perkembangan janin agar sehat.

Ada pula kandungan DHA yang tinggi di suplemen ini untuk perkembangan otak janin, kalsium untuk kesehatan tulang, dan zat besi untuk mencegah anemia.

Harga suplemen ibu hamil

Harga suplemen ini sekitar Rp245.000 untuk isi 60 tablet dan Rp450.000 untuk isi 120 tablet. Dosis penggunaan adalah 2 kapsul per hari.

3. Blackmores Multivitamin & Minerals

Suplemen dari Blackmores ini juga dapat dikonsumsi selama kehamilan dan program hamil, Bunda. Sumpelen mengandung 200 mcg asam folat, 15 vitamin, dan 6 mineral yang dapat memenuhi kebutuhan harian dan menjaga kesehatan bumil serta janin.

Harga suplemen hamil

Dosis suplemen bumil ini adalah 1 tablet per hari. Suplemen dapat diminum setelah makan atau sesuai petunjuk dokter ya, Bunda. Harga suplemen adalah sekitar Rp130.000 untuk isi 30 tablet, dan sekitar Rp450.000 untuk isi 120 tablet.

4. Folavit

Folavit adalah suplemen bumil yang mengandung 400 mcg asam folat. Sulplemen ini dipercaya dapat memelihara kesehatan, memenuhi kebutuhan asam folat, dan mencegah defisiensi asam folat.

Harga suplemen

Suplemen ini dijual dengan harga berkisar antara Rp11.500 sampai Rp15.000 untuk satu strip isi 10 tablet. Dosis Folavit untuk ibu hamil adalah 1 sampai 2 tablet per hari atau sesuai anjuran dokter.

5. Promavit

Promavit merupakan suplemen bumil dalam bentuk tablet yang mengandung asam folat 400 mcg dan minyak ikan tuna sekitar 147 mg. Suplemen ini juga memiliki kandungan vitamin A, D, B6, dan B12, serta EPA, dan DHA.

Harga suplemen

Harga jual suplemen untuk 10 kapsul adalah sekitar Rp48.000. Dosis suplemen untuk bumil adalah 2 tablet per hari, diminum saat makan.

6. Elkana

Elkana memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap untuk menunjang kehamilan. Komposisi utamanya adalah Ca phosphate 200 mg, Ca lactate 100 mg, vit B6 20 mg, vit C 25 mg, vit D3 100 IU dalam setiap tabletnya.

Suplemen prenatal ini dapat mengatasi defisiensi vitamin dan mineral selama hamil. Selain itu, konsumsinya juga dapat dilanjutkan sampai menyusui.

Harga suplemen

Harga suplemen ini berkisar antara Rp11.000 sampai Rp20.000 untuk isi 10 tablet per strip. Dosis suplemen adalah 1 sampai 2 tablet untuk 2 kali sehari, diminum bersama atau sebelum makan.

7. Nature's Plus Prenatal

Nature's Plus Prenatal merupakan suplemen prenatal yang mengandung asam folat, vitamin B6, B12, A, dan D. Melansir dari laman resmi produk, suplemen Nature's Plus Prenatal dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral selama kehamilan hingga menyusui.

Harga suplemen bumil

Bunda dapat mengonsumsi suplemen ini 1 kali per hari sesuai petunjuk dokter. Harganya sekitar Rp579.000 untuk isi 90 tablet.

8. Osfit Platinum

Osfit Platinum merupakan suplemen multivitamin dan mineral yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan dan menyusui. Suplemen ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat menunjang perkembangan janin agar sehat.

Salah satu komposisi utamanya adalah asam folat, kalsium, kalium, dan minyak ikan mengandung DHA dan EPA. Suplemen ini dapat dikonsumsi 1 kali sehari.

Harga suplemen

Harga suplemen ini sekitar Rp195.000. Satu bungkus Osfit Platinum berisi 30 kapsul.

9. Anelat

Anelat mengandung 1000 mcg asam folat aktif, Bunda. Suplemen ini dapat diminum saat merencanakan kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan.

Harga suplemen hamil

Bunda bisa membeli suplemen ini di apotek atau dengan resep dokter. Harga suplemen berkisar antara Rp2.000 sampai Rp6.000 untuk 10 kaplet.

Dosis vitamin ibu hamil ini adalah 1 kaplet per hari atau sesuai anjuran dokter. Sebaiknya konsultasi dulu sebelum minum suplemen ini, terutama saat promil atau mengalami anemia pernisiosa dan megabloblastik.

10. Afolat

Suplemen asam folat ini memiliki kandungan 400 mcg asam folat. Bunda bisa minum suplemen untuk program hamil, selama kehamilan, hingga menyusui.

Indikasi umum suplemen adalah untuk membantu meningkatkan peluang hamil pada wanita. Dosis suplemen adalah 1 tablet per hari sesudah makan atau sesuai anjuran dokter ya.

Harga suplemen

Suplemen Afolat dijual dengan harga sekitar Rp2.500 per strip atau isi 10 tablet. Dosis konsumsi adalah 1 kali per hari.

11. Nutrimax Mother

Nutrimax Mother mengandung vitamin dan mineral yang dapat mencukupi kebutuhan selama hamil. Beberapa kandungan nutrisi di suplemen ini adalah vitamin A, C, D3, E, B1, B6, B12, kalsium, magnesium, dan kalium.

Salah satu manfaat suplemen ini adalah mencegah cacat tabung saraf. Bunda dapat mengonsumsi suplemen ini selama kehamilan sampai menyusui.

Harga suplemen

Harga suplemen ini sekitar Rp240.000 untuk isi 30 tablet. Bunda bisa membeli suplemen ini di e-commerce.

12. Prolacta for Mother

Prolacta for Mother adalah suplemen makanan yang dapat dikonsumsi saat hamil dan menyusui. Kandungan utama suplemen ini adalah fish oil mengandung DHA, EPA, dan vitamin E.

Harga suplemen ibu hamil

Bunda bisa mengonsumsi suplemen ini 1 kapsul per hari selama hamil. Harga suplemen ini sekitar antara Rp60.000 hingga Rp80.000 untuk isi 10 kapsul.

13. Sundown Naturals Folic Acid

Sundown Naturals Folic Acid adalah suplemen ibu hamil yang mengandung asam folat. Kandungan lainnya adalah kalsium karbonat dan selulosa nabati.

Suplemen ini dapat dikonsumsi selama masa kehamilan dan sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter ya, Bunda. Bunda dapat mengonsumsinya 1 kali per hari.

Harga suplemen ibu hamil

Suplemen ibu hamil ini dijual dengan harga sekitar Rp250.000 sampai Rp350.000 untuk 100 sampai 350 tablet.

14. Realfood Wonder Mom

Realfood Wonder Mom dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan selama hamil dan menyusui. Dilansir laman resminya, produk ini adalah program sehat 12 hari dengan formulasi fully-concentrated sarang burung walet dan asam folat.

Manfaat suplemen ini adalah untuk mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, membantu perkembangan dan pertumbuhan janin, dan mencegah anemia pada ibu hamil.

Harga produk

Harga produk ini dijual satu paket yakni Rp1.800.000 untuk 12 botol kecil dan Rp1.050.000 untuk 6 botol kecil. Satu botol kecil berisi 70 ml. Konsumsinya minimal 1 botol per hari saat perut kosong pada pagi atau malam hari.

(ank)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!