sign up SIGN UP search


trending

Ajaib! Ibu Melahirkan Bayi Kembar 3 Kali Berturut-turut, Kok Bisa

Yuni Ayu Amida Selasa, 15 Oct 2019 07:40 WIB
Kondisi langka, seorang ibu melahirkan anak kembar tiga kali berturut-turut. Bagaimana bisa? caption
Jakarta - Seorang ibu di Jamaika bernama Lisa Tomlinson memiliki tiga pasang anak kembar. Uniknya, dia mendapatkan anak kembarnya tersebut dalam tiga kali melahirkan berturut-turut. Baginya ini adalah kejadian luar biasa.

"Ketika saya hamil pertama, saya tidak pernah tahu bahwa saya akan memiliki anak kembar. Tapi saat saya ke dokter, saya berkata kadang merasa ada dua yang bergerak di dalam (perut). Dokter berkata saya akan memiliki bayi kembar. Saya tidak bisa percaya," ujarnya, dilansir Jamaica Star.

Setelah dua belas tahun berlalu, Tomlinson ternyata hamil bayi kembar lagi. Dan begitu pula di kehamilan ketiganya, dokter memberi tahu, dia akan melahirkan bayi kembar lagi. Hal tersebut pun membuat Tomlinson syok.


"Saya pergi ke dokter karena saya merasa sakit, ketika dia melakukan ultrasound. Saya ditanya di mana rasa sakitnya. Saya hanya mendengar dia 'hmmmm, ibu hamil anak kembar lagi'. Saya bilang, saya tidak di sini untuk itu, saya di sini untuk periksa sakit di perut saya. Dokter menjawab, 'sakitnya ada di sana, tetapi bayi-bayi juga ada di sana'," ujar Tomlinson menirukan percakapan dengan dokter waktu itu.

Setelah melahirkan dua pasang anak kembar perempuan, Shauna-Kay dan Anna-Kay White (14 tahun), Lianna dan Lianne Bryan (2 tahun). Tomlinson berharap untuk ketiga kalinya, dia bisa memiliki anak laki-laki. Doanya pun dijawab ketika dia melahirkan Kehoe Jr dan Keana Bryan, yang sekarang berusia satu bulan.

Ajaib! Ibu Melahirkan Bayi Kembar 3 Kali Berturut-turut, Kok BisaFoto: istimewa

Tomlinson mengatakan, ibunya adalah anak kembar, yang memiliki 11 anak, tetapi tidak ada yang kembar. Dia bercerita, dari keenam saudara perempuannya, dia adalah satu-satunya yang menghasilkan anak kembar.

Di samping itu, dia mengaku menikmati mengurus tiga pasang anak kembar. Hal ini juga karena ia mendapat dukungan dari pasangannya, Kehoe Bryan.

Terkait kondisi yang dialami Tomlinson ini, dilansir detikcom, pakar berpendapat, ini disebabkan kondisi yang disebut 'super ovulation', di mana seorang wanita menghasilkan dua sel telur yang sama setiap bulannya. Padahal normalnya dalam satu bulan, wanita hanya menghasilkan satu sel telur.

Selain itu, Sarah Redshaw dari BabyCentre menjelaskan, kondisi ini cukup langka. Penyebabnya adalah hormon. Serta peluang seorang wanita untuk mendapatkan anak kembar, terutama kembar non-identik cenderung meningkat seiring pertambahan usianya, khususnya bagi mereka yang berumur di atas 35 tahun.

Karena jumlah follicle stimulating hormone (FSH) yang dilepaskan dalam satu siklus menstruasi akan bertambah ketika usia makin bertambah. Kondisi ini membuat wanita menghasilkan lebih dari satu sel telur, sehingga memungkinkan dihasilkannya anak kembar.

Menyambung hal tersebut, dr.Elizabeth Wickstrom dari Shawnee Mission Medical Center menuturkan, ada beberapa faktor yang bisa membuat seorang perempuan mengandung bayi kembar secara berturut-turut.

Di antara faktor tersebut yakni genetika, sebelumnya sudah pernah melahirkan bayi kembar, serta memiliki dua sel telur yang turun bersamaan ke tuba dan siap dibuahi, maka bisa mengakibatkan kehamilan kembar.

Simak pula kisah Irish dan Ammar Zoni tentang bayi kembar mereka yang telat tiada ini, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi