sign up SIGN UP search


trending

7 Fakta Didi Kempot, The Godfather of Broken Heart yang Tak Banyak diketahui

Yuni Ayu Amida Selasa, 05 May 2020 10:09 WIB
Didi Kempot di Banyuwangi caption
Jakarta - Penyanyi campursari kenamaan, Didi Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Didi Kempot tutup usia pada Selasa (5/5/2020) pagi ini di RS Kasih Ibu Solo, Bun. Hal ini tentu merupakan kabar duka bagi dunia hiburan terutama untuk para penggemarnya.

Pria yang lahir di Surakarta, 31 Desember 1966 ini memang dikenal akan karya-karya fenomenalnya. Namun kini sang legendaris telah tiada. Berikut ini 7 fakta Didi Kempot, dilansir berbagai sumber.


1. Adik pelawak Mamik Prakoso


Didi kempot memang punya darah seniman dalam keluarganya. Ayahnya, Ranto Edi Gudel, adalah seorang pemain ketoprak. Sementara itu, ia juga punya kakak yang berprofesi sebagai komedian, yakni Mamiek Prakoso.

2. Dijuluki 'Godfather of Broken Heart'

Didi Kempot memiliki julukan 'Godfather of Broken Heart' atau Bapak Patah Hati. Hal ini karena tema dari lirik lagu yang diciptakannya selalu berkaitan dengan patah hati. Ia juga memiliki penggemar yang disebut sebagai sad boy dan sad girl.

3. Didapuk jadi duta antinarkoba oleh BNN

Pada Februari 2020 lalu, Didi Kempot didapuk menjadi duta antinarkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Salah satu alasan ia ditunjuk jadi duka antinarkoba karena dia dekat dengan anak muda.

"Mungkin beliau (kepala BNN) melihat sering kali saya manggung akhir-akhir ini di atas podium dan disaksikan oleh banyak anak-anak muda. 'Tolong Mas Didi sampaikan jauhi narkoba. Teman-teman sadarkanlah jangan dekati semacam itu," ucap Didi Kempot saat itu.

4. Terkenal di Suriname

Tak hanya di Indonesia, Bun. Rupanya nama Didi Kempot dikenal sampai ke mancanegara, seperti Belanda, Amerika, bahkan Suriname.

Nama Didi mulai populer di Suriname pada tahun 1980-an. Tidak hanya pada komunitas Jawa di Suriname, namanya juga dikenal di kalangan masyarakat Suriname yang menggemari musik keroncong dan campursari. Ia bahkan mendapat julukan Bon Jovi from Java.

5. Baru merilis lagu dan video clip larangan mudik

Didi Kempot gandeng FX Rudy nyanyi Ojo MudikDidi Kempot gandeng FX Rudy nyanyi Ojo Mudik/ Foto: Didi Kempot gandeng FX Rudy nyanyi Ojo Mudik (tangkapan layar YouTube)


Di masa pandemi COVID-19 ini Didi kempot diketahui merilis lagu baru. Ia bahkan menggandeng Wali Kota Solo Hadi Rudyatmo dan aparat TNI-Polri dalam video clipnya.

Lagu tersebut berjudul 'Ojo Mudik'. Dalam lagu itu ia mengajak para perantau agar tidak mudik saat pandemi Corona ini.

6. Menggalang donasi untuk COVID-19 Rp4 miliar

Didi Kempot juga sempat menggelar konser amal di rumahnya pada Sabtu (11/4/2020). Konser dari rumah tersebut digelar untuk mengumpulkan dana guna membantu masyarakat yang kena dampak pandemi virus Corona.

Tak tanggung-tanggung, donasi yang berhasil ia kumpulkan sebanyak Rp4 miliar lebih dalam 2 jam konser.

7. Meninggal di usia 53 tahun

Didi Kempot meninggal di usia 53 tahun. Ia meninggal di rumah sakit RS Kasih Ibu Solo pada pukul 07.30 WIB. Hanya saja sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti kepergiannya.


Simak juga 6 hal terkait Corona yang perlu Bunda tahu dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/jue)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!