sign up SIGN UP search


trending

Ada Diskon 25 Persen untuk Kereta Jarak Jauh di Libur Idul Adha

Annisa Afani Kamis, 30 Jul 2020 16:32 WIB
Masinis harus bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19. Yuk lihat cara kerja masinis di tengah pancemi COVID-19. caption
Jakarta -

Karena Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tidak melarang mudik pada Hari Raya Idul Tahun ini, Bunda dan keluarga bisa memanfaatkan waktu libur untuk mudik ke kampung halaman. Kabar gembiranya, PT Kereta Api (Persero) mengadakan promo Big Sale lho.

Lewat program ini, penumpang perjalanan kereta api jarak jauh bakal dapat potongan harga hingga 25 persen, Bunda. Promo ini berlaku dari tanggal 30 Juli hingga 2 Agustus 2020, Bunda.

"Promo Big Sale ini menjadi wujud apresiasi kepada pelanggan KAI dalam menyambut libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H," kata VP Public Relation Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus, dikutip dari laman KAI.


Adapun kereta api (KA) yang mendapat potongan tarif hingga 25 persen tersebut, yakni:

1. KA Bima (Gambir - Malang)
2. Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi)
3. Sembrani (Gambir - Surabaya Pasarturi)
4. Turangga (Gambir - Surabaya Gubeng)
5. Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan)
6. Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan)

Sementara itu, potongan harga tiket yang diberikan ini cukup menarik, Bunda. Misalnya, KA Bima menjadi Rp500 ribu dari sebelumnya Rp650 ribu, KA Turangga Rp500 ribu dari harga sebelumnya Rp630 ribu, dan KA Argo Dwipangga dari harga Rp440 ribu menjadi Rp360 ribu.

"Potongan harga ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Melalui promo tersebut, KAI yakin minat masyarakat akan layanan kereta api semakin meningkat," ujar Joni.

Seperti diketahui, Bunda bahwa Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, tidak lagi menerapkan larangan mudik pada Idul Adha seperti larangan pada Idul Fitri lalu. Meski begitu, dia tetap memberikan arahan pada moda transportasi publik untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang diterbitkan dalam Permenhub 41 Tahun 2020.

Ilustrasi LebaranIlustrasi kumpul bersama keluarga/ Foto: Getty Images/Rifka Hayati

"Kemenhub telah meminta kepada seluruh operator transportasi untuk bersama-sama menciptakan transportasi yang aman dan produktif. Hal ini berarti pula transportasi yang berkeselamatan dan berkesehatan, mulai dari area keberangkatan, saat dalam perjalanan, dan ketika tiba di tujuan," ujar Budi, dikutip dari detikcom.

Nah, aturan tersebut pun diterapkan oleh PT KAI, Bunda. PT KAI menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, serta menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh calon penumpang, seperti:

1. Surat keterangan bebas Covid-19, dan dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas).
2. Wajib memakai masker.
3. Suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 derajat, dalam kondisi sehat.
4. Memakai pakaian lengan panjang.

Pelanggan KA jarak jauh diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi penumpang dewasa, face shield akan disediakan KAI. Sedangkan penumpang dengan usia di bawah 3 tahun disarankan untuk membawa face shield sendiri.

KAI menghadirkan layanan Rapid Test di 12 stasiun. Pelayanan ini dibuka dari pukul 07.00 - 19.00 dengan biaya Rp85 ribu. Bagi calon penumpang yang memiliki jadwal keberangkatan di bawah pukul 07.00 dan ingin memanfaatkan layanan ini, dapat melakukannya minimal satu hari sebelum keberangkatan ya, Bunda.

"Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan berbagai layanan dan potongan harga tersebut untuk bepergian menggunakan kereta api. KAI berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada saat perjalanan," ujar Joni.

Oia, karena tiket yang mendapat promo jumlahnya terbatas, jika Bunda berminat, tiket bisa langsung dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, atau seluruh mitra resmi penjual tiket KAI lainnya.

Selamat mudik Bunda, hati-hati di jalan dan jaga kesehatan!

(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi