sign up SIGN UP search


trending

Pramugara Tampan Ini Di-PHK dan Jadi Tukang Pijat Gara-Gara Pandemi

Yuni Ayu Amida   |   Haibunda Rabu, 28 Oct 2020 22:30 WIB
Ilustrasi pria di-PHK caption
Jakarta -

Pandemi Corona menyebabkan seorang pramugara beralih profesi jadi tukang pijat, Bunda. Ya, akibat terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), pria asal Malaysia ini harus merelakan pekerjaannya yang bergengsi tersebut.

Melansir dari mStar, Mohd Fahmi Alwi tak ingin berlarut dalam keterpurukan nasibnya. Sejak di PHK pada September 2020 lalu, Fahmi memutuskan untuk mencari pemasukan lain.

Awalnya Fahmi memang sedih karena kehilangan pekerjaan sebagai pramugara. Terlebih profesi tersebut merupakan pekerjaan pertamanya setelah lulus kuliah.


"Memang sedih karena ini adalah pekerjaan tetap pertama saya setelah tamat belajar. Awalnya saya 'terduduk' sampai mengurung diri di kamar selama dua hari karena sangat sedih," ungkap pemuda 30 tahun tersebut.

Fahmi akui dirinya suka dengan pekerjaannya yang kerap terbang di udara tersebut. Dari pekerjaan itu pula Fahmi sampai bisa membeli motor dan rumah sendiri. Bahkan yang paling menyentuh, di masa jayanya menjadi kru kabin, ia bisa berangkat haji bersama ibunya tahun 2019 lalu.

"Walau selama ini ibu menganggap pekerjaan saya berisiko, tapi dia tetap memberi saya semangat agar tidak putus asa dan terus berusaha," paparnya.

Ketika Fahmi merasa terpuruk karena kehilangan pekerjaan, ibunya juga yang memberinya semangat. Sang ibu menyarankan agar dia menggunakan kemampuan yang pernah ia pelajari di kampusnya.

Fahmi merupakan sarjana Muda Fisioterapi lulusan Universitas Teknologi Mara (UiTM), Shah Alam, Selangor tahun 2014. Kini Fahmi memutuskan untuk kembali menggunakan keahlian fisioterapi di bidang perawatan dan pemulihan.

"Saya menyadari pandemi berdampak pada industri penerbangan. Jadwal tugas saya juga semakin berkurang sehingga saya punya banyak waktu untuk aktivitas lain," katanya.

Di samping itu, Fahmi menyebut bahwa alasannya beralih profesi dari pramugara menjadi ahli fisioterapi adalah karena ia tidak mungkin berdiam diri saja dengan keadaannya setelah terPHK.

"Daripada saya duduk diam, lebih baik saya melakukan sesuatu, karena saya tidak mungkin dapat duit kalau duduk saja," ungkapnya.

Bagi Fahmi, pekerjaannya sebagai tukang pijat ala spa atau ahli fisioterapi ini sama seperti pramugara, karena sama-sama melayani dan harus bersikap ramah.

"Dalam pesawat kru kabin melayani penumpang, untuk spa, kita harus layani pelanggan. Semua ini adalah tantangan saya untuk mencari rezeki," ujarnya.

Simak juga gara-gara di PHK saat pandemi, hobi masak jadi penghasilan dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!