sign up SIGN UP search


trending

Memahami Kembali Istilah & Bedanya OTG, ODP Serta PDP

Yuni Ayu Amida Rabu, 18 Nov 2020 21:44 WIB
Vaccine and syringe injection It use for prevention, immunization and treatment from COVID-19 caption
Jakarta -

Pandemi Corona sampai saat ini memang belum berakhir, Bunda. Kita masih terus berperang dengan keberadaan virus yang mudah menular ini.

Di samping itu, seperti yang kita ketahui, di awal-awal pandemi COVID-19 ini muncul pemerintah memperkenalkan beberapa istilah medis, yakni OTG, ODP, dan PDP. Ketiga istilah tersebut bertujuan untuk memudahkan klasifikasi pengawasan orang.

Akan tetapi, ketiga istilah ini sekarang diganti dengan istilah baru, di antaranya Kasus Suspek, Kasus Konfirmasi, dan Kontak Erat. Hanya saja, rasanya kita masih lebih akrab dengan istilah lama tersebut.


Untuk lebih jelasnya, mari kita kenali kembali istilah lama tersebut, agar Bunda paham membedakannya. Berikut ini pengertian istilah OTG, ODP dan PDP, dikutip dari Buku Saku Pencegahan Masyarakat Produktif Dan Aman COVID-19.

1. Orang Tanpa Gejala (OTG)

OTG digunakan untuk menandai orang yang tidak menunjukkan gejala terkena COVID-19, namun pernah melakukan kontak erat dengan orang yang positif COVID-19.

2. Orang Dalam Pemantauan (ODP)

ODP digunakan untuk menandai orang yang mengalami demam lebih besar atau sama dengan 38 derajat celcius, atau riwayat demam atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk.

3. Pasien Dalam Pengawasan (PDP)

PDP digunakan untuk pasien atau orang yang mengalami demam lebih besar atau sama dengan 38 derajat celcius, atau riwayat demam atau gejala gangguan sistem pernapasan seperti batuk, pilek, sesak nafas, pneumonia ringan hingga berat, dan sakit tenggorokan.

Lebih lanjut, untuk ODP dan PDP, selain mengalami riwayat demam atau gangguan sistem pernafasan, ODP dan PDP memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal selama 14 hari terakhir atau memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau kemungkinan COVID-19.

Jangan lupa juga selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

Chow Yun Fat dan istriFoto: HaiBunda

Simak juga alasan lansia mudah terpapar Corona dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi