sign up SIGN UP search


trending

5 Kisah Ibu Melahirkan Tanpa Hamil, Mendadak Perut Besar & Mules

Annisa Afani Sabtu, 12 Dec 2020 08:00 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. caption
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, seorang ibu bikin geger karena melahirkan tanpa mengalami kehamilan. Kasus ini sudah beberapa kali terjadi, Bunda.

Memang biasanya, ibu hamil akan mengalami tanda-tanda kehamilan, seperti telat haid, serta perubahan emosi dan fisik seperti kaki bengkak dan perut buncit. Namun, pada kasus tertentu, ternyata tanda-tanda tersebut tidak dirasakan sama sekali. Bahkan, ada yang tetap mengalami menstruasi meski dalam kondisi mengandung.

Kehamilan tanpa disadari atau samar disebut dengan cryptic pregnancy, Bunda. Biasanya, ibu yang mengalami kondisi tersebut baru sadar ketika memasuki minggu terakhir kehamilan atau malah menjelang persalinan.


Bagi ibu yang mengalami cryptic pregnancy pasti akan kaget. Sebab, melahirkan secara tiba-tiba tanpa merasakan kehamilan dan tidak melakukan persiapan.

"Karena tidak sadar hamil, jadi belum siap secara psikis menjadi ibu atau kurangnya bantuan medis," kata dosen keperawatan Universitas Nevada, Debra Sullivan, dikutip dari HealthLine.

Nah, berikut ini lima wanita yang melahirkan tanpa merasakan hamil, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pamela Vugts

Wanita asal Belanda bernama Pamela Vugts melahirkan secara tiba-tiba tanpa pernah tahu bahwa dirinya sedang hamil saat perutnya mendapat tendangan dalam pertandingan kick boxing sehari sebelumnya. AKibat hal itu, dia langsung dilarikan ke rumah sakit, Bunda.

Menurut dokter yang memeriksanya, Pamela dinyatakan tengah hamil 7 bulan. Akibat insiden tendangan yang kuat di area perutnya, Pamela yang mengalami perdarahan ini terpaksa melahirkan bayi perempuannya lebih cepat melalui operasi caesar

Pamela maupun orang tuanya tidak ada yang mengetahui bahwa dirinya tengah berbadan dua. Meskipun berat badan Pamela sebelum pertandingan memang menunjukkan kenaikan, dia tidak berpikir sedang mengandung karena tidak merasakan tanda-tanda kehamilan.

"Dia selalu agak berat. Tapi karena dia mengalami menstruasi bulanan, kami pikir dia menambah berat badan karena habis liburan," kata ayahnya, Cor, dikutip dari Mirror.

Selain itu, perut Pamela memang tampak agar besar saat dilihat di atas ring, Bunda. Meski begitu, tidak ada yang menyangka wanita itu sedang mengandung.

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA yuk Bunda

Simak juga video ciri hamil dari perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensosFoto: HaiBunda



5 Kisah Ibu Melahirkan Tanpa Hamil, Mendadak Perut Besar & Mules
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!