sign up SIGN UP search


trending

Jadi Presiden Perempuan Pertama Tanzania, Ini Profil Samia Suluhu Hassan

anm Kamis, 08 Apr 2021 14:08 WIB
Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan caption
Jakarta -

Samia Suluhu Hassan dilantik sebagai Presiden Tanzania pada Jumat, 19 Maret 2021 di State House Dar es Salaam. Ia menggantikan John Magufuli dalam memimpin negara yang terletak di wilayah Afika Timur itu.

Dilantiknya Samia mencetak sejarah baru di pemerintahan Tanzania, Bunda. Perempuan kelahiran 27 Januari 1960 itu tercatat sebagai presiden wanita pertama di Tanzania.

Dilansir dari Deutsche Welle, Samia dilantik usai John Magufuli meninggal dunia pada 17 Maret 2021. Dua minggu sebelumnya, John Magufuli menghilang dan diduga terjangkit COVID-19. Namun ia pada akhirnya dinyatakan meninggal karena serangan jantung.

Di upacara pelantikan, Samia Hassan mengambil sumpah jabatannya sebagai Presiden Tannzania di atas Al-Qur'an. Ia akan menjabat selama lima tahun ke depan.

"Hari ini saya telah mengambil sumpah yang berbeda dari yang telah saya ambil dalam karir saya. Itu diambil dengan kebahagiaan. Hari ini saya mengambil sumpah jabatan tertinggi dengan berkabung," tutur Samia Hassan.

Di kesempatan tersebut, Samia Hassan juga meyakinkan masyarakat Tanzania harus bersatu untuk menghadapi pandemi COVID-19. Sebelumnya ia pernah menjadi Wakil Presiden Tanzania di 2015.

"Ini saatnya untuk mengubur perbedaan kita dan menjadi satu bangsa," ujarnya.

Samia Suluhu Hassan terjun ke politik pada tahun 2000 setelah ia terpilih sebagai anggota dengan kursi khusus di Dewan Perwakilan Zanzibar dan diangkat menjadi menteri. Ia merupakan satu-satunya menteri wanita berpangkat tinggi di Kabinet, Bunda.

Di 2015, John Magufuli memilih Suluhu Hassan sebagai calon wakil presiden. Pilihan itu cukup mengejutkan masyarakat. Pasalnya, ada lebih banyak anggota terkemuka dari partai berkuasa Chama Cha Mapinduzi (CCM) namun ia tetap memilih Hassan.

Bunda, simak kisah inspiratif Samia Hassan di halaman berikutnya.

Saksikan juga kisah Marissa Hutabarat, hakim berdarah Indonesia pertama di Amerika Serikat di video berikut ini:


[Gambas:Video Haibunda]

GIAT MENIMBA ILMU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi