sign up SIGN UP search


trending

5 Film dan Drama Korea dengan Karakter Anak Autisme yang Menyentuh Hati

Annisa A Jumat, 02 Apr 2021 18:01 WIB
drama korea good doctor caption
Jakarta -

Hari Peduli Autisme Sedunia jatuh pada tanggal 2 April setiap tahunnya. Peringatan ini ditetapkan PBB sejak 2007 silam guna menumbuhkan kesadaran dan mendukung para penyandang autisme dalam menentang diskriminasi terhadap mereka.

Autisme adalah gangguan perkembangan yang dipengaruhi oleh kelainan genetik dan kromosom. Kondisi juga disebut sebagai Gangguan Spektrum Autisme (ASD) ini tidak hanya memengaruhi kemampuan kognitif otak, melainkan juga perilaku penderitanya.

Mereka yang mengidap autisme juga bisa mengalami perubahan di bagian utama otak mereka yang memengaruhi cara bicara. Berdasarkan data WHO, ada 1 dari 160 anak di seluruh dunia yang mengidap autisme.

Penderita gangguan spektrum autisme harus mendapatkan perhatian lebih ekstra, Bunda. AAP (American Academy of Pediatrics) merekomendasikan untuk memulai penanganan terhadap anak autisme sebelum mencapai usia 5 tahun.


Banner Rumput Fatimah


Kepedulian terhadap anak pengidap autisme banyak digagas oleh berbagai pihak. Autisme sendiri kerap dijadikan tema dalam suatu karya film dan drama Korea. Beberapa karya itu sangat menyentuh dan mengandung nilai-nilai moral yang dapat dijadikan teladan

Memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia, berikut ini 5 film dan drama Korea bertema ASD:

1. Good Doctor

Drama Korea yang dirilis pada 5 Agustus 2013 di KBS ini memiliki tema kesehatan mental yang cukup kental. Dikemas dalam 20 episode, serial ini mengambil latar cerita dunia medis dan kedokteran.

Good Doctor berkisah tentang Park Si On (Joo Won), seorang anak dengan autisme yang bercita-cita menjadi dokter. Ketertarikannya dengan dunia pediatri mengantarkan Si On ke profesi dokter anak.

Namun Park Si On harus membuktikan dirinya mampu menjalankan tugas dengan baik dalam waktu 6 bulan. Ia kerap diremehkan oleh orang sekitar karena kondisi savant syndrome yang dimilikinya.

Si On harus berjuang mengontrol emosi yang tidak stabil. Rekan kerjanya juga menganggap Si On kekanak-kanakan dan tidak berperasaan. Padahal ia sebenarnya merupakan orang yang lembut dan jenius.

Drama Korea ini juga menampilkan bagaimana stigma dan sikap masyarakat terhadap para pengidap savant syndrome. Good Doctor diramaikan dengan sederet bintang kenamaan Korea Selatan antara lain Moon Chae Won, Joo Sang Wook, Chun Ho Jin, Kwak Do Won dan Ko Chang Seok.

Good Doctor tercatat memiliki rating tinggi sejak penayangannya di tahun 2013. Di situs IMDB, drama Korea ini mengantongi skor 8,1/10. Sedangkan di situs TNmS, drama Korea ini meraih rating 17,4 persen dan 18,0 persen di AGB Nielsen.

Simak juga rekomendasi film dan drama Korea bertema autisme di halaman selanjutnya.

Bunda, jangan lupa saksikan video 5 rekomendasi drama Korea yang menguras air mata:

[Gambas:Video Haibunda]

DRAMA ROMANTIS DAN INVESTIGASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi