sign up SIGN UP search


trending

Hal Aneh di Indonesia Menurut Orang Malaysia, Sampai Bikin Nangis Pagi-pagi

Mutiara Putri Rabu, 21 Jul 2021 08:16 WIB
YouTube Ivy Phan YouTuber Malaysia heran dengan kebiasaan orang Indonesia/ Foto: YouTube Ivy Phan
Jakarta -

Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan dan adat istiadat beragam. Meski berada di negara yang sama, perbedaan atau culture shock bisa saja terjadi ketika pergi ke daerah lain yang sebelumnya tak pernah dikunjungi.

Hal yang sama dirasakan WNA yang datang ke Indonesia nih, Bunda. Salah satunya diceritakan mahasiswa asal Malaysia yang kuliah di Kedokteran Gigi UGM, Ivy Phan.

Ivy mengungkapkan keresahannya karena merasakan perbedaan yang sangat signifikan antara kebudayaan di Indonesia dan Malaysia, Bunda. Menurutnya, ada hal-hal aneh yang membuat ia dan teman-teman Malaysia-nya bingung saat pertama kali tiba di Indonesia.


Pada malam pertama sampai di asrama kampus, Ivy mendengar suara-suara aneh dari kamarnya, Bunda. Karena ketakutan, ia akhirnya mencoba tidur sambil membungkus dirinya dengan selimut.

Sebulan kemudian, Ivy baru mengetahui kalau suara itu berasal dari cicak. Namun, cicak itu ternyata bukan seperti yang ia pikirkan, lho. Cicak yang dimaksud adalah tokek, Bunda.

Resep Baik Selama PandemiResep Baik Selama Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

"Kalau dibilang cicak ya saya kirain, oh cicak yang imut-imut yang kecil itu. Tapi kemarin ada orang Indonesia ada kasih tahu itu gecko (cicak) bisa dibakar dan dimakan," katanya dilihat dari kanal YouTube Ivy Phan pada Selasa (20/7/2021).

"Saya pernah lihat gecko nya panjat-panjat di atap warung, saya takut banget. Saya takut (tokek) jatuh ke piring saya. Saya pasti jerit, pasti," sambungnya.

Tak hanya itu, Bunda. Ivy juga sempat kebingungan dengan jasa laundry yang ada di Indonesia, nih. Saat menggunakan jasa laundry, ia pernah mendapatkan baju yang bukan miliknya bahkan pernah kehilangan baju, lho.

"Kadang-kadang kalau kamu anterin laundry, kamu bisa dapat baju baru. Kamu juga bisa hilangin baju juga. Kadang-kadang itu laundry ketukar gitu," jelas Ivy.

Meski begitu, ia tidak memakai baju yang bukan miliknya, Bunda. Ivy akan mengumpulkan baju yang bukan miliknya dan mengembalikan baju tersebut ke jasa laundry yang mengantarkan.

Selain tokek dan jasa laundry, ternyata ada hal aneh lain di Indonesia yang bisa membuatnya menangis di pagi hari lho, Bunda. Kok bisa?

Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Simak juga video cerita kencan pertama Whulandary dengan suami Malaysia berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ORANG INDONESIA MAKAN CABAI RAWIT LANGSUNG TANPA DIMASAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi