sign up SIGN UP search


trending

Duh! Fitur Baru WhatsApp Malah Dianggap Bantu Tutupi Bukti Pelecehan Anak

Mutiara Putri Selasa, 10 Aug 2021 19:30 WIB
Upset woman with smart phone at home on the sofa. Stressed lady. caption
Jakarta -

Perkembangan zaman membuat Bunda semakin mudah berkomunikasi dengan orang-orang sekitar. Kini, banyak aplikasi pesan yang bisa Bunda download agar tetap terhubung dan menjaga silahturahmi bersama keluarga dekat maupun jauh.

Salah satu aplikasi pesan yang kerap digunakan adalah WhatsApp, Bunda. Aplikasi pesan singkat ini memungkinkan Bunda mengirimkan pesan teks, gambar, dan video, ke siapapun tanpa dikenakan pulsa karena WhatsApp menggunakan koneksi internet.

Setelah awal kemunculannya pada 2009 silam, kini WhatsApp semakin berkembang dan memperbaiki performa serta kualitasnya, Bunda. Baru-baru ini, WhatsApp bahkan meluncurkan sebuah fitur baru yang disebut "View Once".


Saat menggunakan fitur ini, gambar atau video yang Bunda kirim atau dapatkan hanya bisa dibuka sekali saja. Setelahnya, video atau gambar akan terhapus secara otomatis tanpa tersimpan ke dalam memori telepon.

Tanaman hias Janda BolongTanaman hias Janda Bolong/ Foto: Mia Kurnia Sari

Fitur View Once mirip dengan fitur yang ada di Instagram, Bunda. Melansir dari laman BBC News, WhatsApp mengatakan bahwa fitur ini mampu mengontrol dan memberikan ruang privasi untuk para penggunanya.

"Fitur ini memberi pengguna lebih banyak kontrol atas privasinya," kata WhatsApp.

Meskipun begitu, advokat perlindungan anak mengungkapkan rasa prihatinnya tentang munculnya fitur terbaru dari WhatsApp ini, Bunda. Mereka mengatakan bahwa pesan yang hilang secara otomatis bisa membantu menutupi bukti pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Tak hanya itu, Masyarakat Nasional untuk Pencegahan Kekejaman terhadap Anak (NSPCC) juga sudah berselisih dan mengungkapkan pendapat mereka pada perusahaan induk WhatsApp Facebook atas penggunaan pesan tereknkripsi ini, Bunda. Menurut polisi, fitur ini juga bisa menghilangkan barang bukti sehingga melemahkan kasus penuntutan.

"Tampilan View Once ini dapat menempatkan anak-anak pada risiko yang lebih besar dengan memberi pelaku alat untuk menghapus bukti. Memerangi pelecehan seksual anak sudah terhalang oleh enkripsi ujung ke ujung," ungkap Alison Trew, senior badan amal sekaligus petugas keamanan online.

Sebaliknya, WhatsApp memasarkan View Once dengan mengatakan bahwa aplikasi ini adalah alat privasi sehari-hari, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Intip juga video cara Turki redam COVID-19, lacak warga dengan aplikasi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



WHATSAPP KATAKAN VIEW ONCE UNTUK PRIVASI SEHARI-HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!