sign up SIGN UP search


trending

Ivan Gunawan Akui Boneka sebagai Anak, Ini Kata Psikolog Kemungkinan yang Terjadi

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 21 Dec 2021 23:00 WIB
Ivan Gunawan dan boneka bayinya caption
Jakarta -

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan pernyataan Ivan Gunawan yang mengatakan kalau dirinya sudah memiliki 'anak', Bunda. Anak yang Ivan maksud ini ternyata sebuah boneka laki-laki yang ia beri nama Miracle Putra Gunawan.

Igun, sapaan akrabnya, kerap membagikan kegiatan saat sedang bersama sang 'anak' yang dipanggilnya dengan nama Eqqel. Igun juga sering mengajak Eqqel jalan-jalan bahkan pergi ke lokasi syuting.

Banyak orang yang mengatakan kalau Ivan Gunawan sedang dalam keadaan berhalusinasi, Bunda. Bahkan tak sedikit netizen yang menyarankan agar Ivan segera menikah.


Melihat hal ini, seorang psikolog klinis dewasa, Alfath Hanifah Megawati, M.Psi., Psikolog, mengatakan bahwa ada banyak kemungkinan yang terjadi pada diri Ivan. Mulai dari berhalusinasi hingga mengalami skizofrenia.

"Kalau seseorang sungguh-sungguh menganggap bonekanya hidup, bisa beraktivitas seperti manusia, bisa masuk ke dalam gangguan halusinasi. Dan kalau yang bersangkutan sungguh-sungguh percaya dirinya melahirkan boneka, itu bisa masuk dalam gangguan waham. Kalau dua-duanya terjadi, seseorang bisa didiagnonis skizofrenia," katanya pada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Meski begitu, wanita yang akrab disapa Ega ini menekankan bahwa kondisi Ivan tetap harus dipelajari lebih dalam, karena bisa jadi apa yang dilakukan oleh Igun murni untuk hiburan semata.

Banner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RI

"Tapi apakah Igun ini gangguan atau tidak, perlu diperiksa lebih lanjut. Apakah ini bagian dari memberi hiburan atau benar-benar yang tidak ia ketahui batas realitasnya," jelas Mega kemudian.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Danang Baskoro, M.Psi., Bunda. Ia mengungkapkan kalau dirinya tidak bisa menghakimi hal yang terjadi dengan Igun karena ia tidak memiliki data yang akurat.

"Kalau kaitannya dengan Igun, saya jelas enggak tahu karena saya harus memeriksa untuk memastikan ia mengalami gangguan atau enggak. Ketika seseorang memiliki boneka, asalkan ia tahu itu hanyalah fantasi, menurut saya itu bukan gangguan," imbuhmya pada HaiBunda pada Selasa (21/12/2021).

"Dalam psikologi apakah ini penyakit? Kalau berkaitan dengan Ivan Gunawan saya enggak bisa jawab karena saya enggak mengerti kondisi kejiwaan Ivan Gunawan. Mungkin saja ia menganggap boneka itu hanya fantasi dia. Mungkin ini juga berkaitan dengan entertain. Gak bisa juga dibilang ini gangguan karena saya enggak punya data," sambungnya kemudian.

Sementara itu, para ahli juga mengatakan kalau hal yang terjadi pada Ivan Gunawan berkaitan dengan kebutuhan afeksi, Bunda. Klik baca halaman berikutnya, yuk!

Bunda, simak juga video cara atasi parental burnout berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MERAWAT BONEKA UNTUK KEBUTUHAN AFEKSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!