sign up SIGN UP search


trending

7 Fakta Candi Borobudur yang Tak Banyak Diketahui, Pernah Dibom dan Dicuri

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 08 Jun 2022 16:21 WIB
Famous Buddhist Temple Borobudur at Sunrise. Yogyakarta, Island Java - Indonesia caption
Jakarta -

Candi Borobudur tengah menjadi buah bibir. Perubahan harga tiketĀ naik ke atas Candi BorobodurĀ menuai polemik di masyarakat.

Adapun kenaikan harga tersebut berlaku untuk wisatawan yang ingin naik ke atas candi. Harganya kini menjadi Rp750 ribu untuk turis lokal dan US$100 atau Rp1,4 juta untuk turis asing.

Selain itu, pemerintah juga akan membatasi kuota pengunjung yang diperbolehkan naik ke Candi Borobudur setiap harinya, yakni hanya menjadi 1.200 orang per hari.


Meski harganya dinaikkan demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara, banyak orang menilai harga tersebut kelewat mahal.

Terlepas dari pro dan kontra di masyarakat, Candi Borobudur memang telah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Magelang, Jawa Tengah.

Banner Resep Budget Rp30 Ribu

Bunda, candi tersebut juga punya fakta-fakta menarik, lho. Simak di bawah ini:

1. Proses pembuatan memakan waktu ratusan tahun

Candi Borobudur kini berdiri dengan gagah di Magelang. Pembangunan candi tersebut sudah terjadi sejak abad ke-8 silam lho, Bunda.

Pembangunan Candi Borobudur terjadi di masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Bangunan ini membutuhkan waktu hingga ratusan tahun agar dapat berdiri.

Melansir dari Badan Otorirta Borobudur, sayangnya tidak ada bukti catatan sejarah yang bisa memaparkan secara rinci mengenai siapa yang membangun candi tersebut.

Pada saat dibangun, agama Hindu dan Buddha tengah berkembang pesat secara bersamaan di Pulau Jawa. Hingga akhirnya Candi Borobudur berdiri, bangunan itu baru ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO.

Memakan waktu ratusan tahun, Candi Borobudur punya desain spesial yang penuh dengan makna. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



DESAIN PENUH MAKNA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!