sign up SIGN UP search


trending

10 Buku yang Pernah Dibaca Elon Musk, Ada The Lord of The Rings

ANNISAAFANI & fia   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 22:50 WIB
Elon Musk caption
Jakarta -

Elon Musk menjadi salah satu sosok yang tak bisa dihiraukan, Bunda. Ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan bermacam badan usaha yang dimilikinya.

Beberapa tahun yang lalu, Elon Musk membuat sejarah baru karena berhasil menyelesaikan peluncuran roket komersial pertama dari landasan peluncuran NASA dan mengirim seorang astronot ke bulan.

Meskipun pria kelahiran 51 tahun ini belajar fisika dan ekonomi di perguruan tinggi, ternyata ilmu terkait roket tersebut ia pelajari hanya dengan membaca buku.


Mengutip CNBC, buku menjadi faktor utama Elon Musk mencapai kesuksesannya hari ini. Ia pun mengakui bahwa ia dibesarkan oleh buku, kemudian barulah orang tuanya.

"Saya dibesarkan oleh buku. Buku, dan kemudian orang tua saya," katanya dalam wawancara Rolling Stone.

Sepanjang masa kecil, buku telah memainkan peran penting dalam mendorong ambisi Elon Musk. Dia membaca beragam buku pada usia sembilan tahun, termasuk novel fiksi ilmiah selama lebih dari 10 jam sehari.

Mengutip dari buku biografi berjudul Elon Musk karya Ashlee Vance, disebut pula bahwa bagian yang paling mencolok dari karakter Elon sebagai seorang anak muda adalah minatnya yang begitu kuat untuk membaca. Bahkan, setiap waktu ia selalu terlihat memegang buku, Bunda.

"Bukan hal yang aneh baginya untuk membaca sepuluh jam sehari," kata Kimbal Musk, saudara laki-laki Elon

Dalam satu kejadian, Elon Musk pernah hilang ketika ikut belanja dengan keluarganya. Orang tua Elon Musk kemudian menemukannya berada di toko buku terdekat, duduk di lantai dan membaca seperti orang kesurupan.

Seiring bertambahnya usia, Elon Musk selalu menjadwalkan dirinya untuk ke toko buku ketika sekolah berakhir. Ia akan betah berada di sana sekal pukul 2 siang sampai sekitar jam 6 sore, yakni ketika orang tuanya pulang bekerja.

Buku yang pernah dibaca Elon Musk

Melihat hobi membaca Elon Musk, Bunda tentu penasaran dengan buku apa saja sih yang selama ini menemani hidupnya? Oleh karena itu, Bubun sudah merangkum 10 judul bukunya dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. "Structures: Or Why Things Don't Fall Down" by J.E. Gordon

Ketika Musk memutuskan ingin belajar ilmu roket, dia mempelajari buku teks tentang astrofisika dan teknik ini, Bunda. Meskipun membaca buku tentang fisika ini bukan untuk semua orang, namun buku ini menjelaskan dengan pemahaman yang lebih ringan tentang sains di balik SpaceX.

"Ini sangat, sangat bagus jika Anda menginginkan primer pada desain struktural," kata Musk dalam sebuah wawancara dengan KCRW .

2. "Benjamin Franklin: An American Life" by Walter Isaacson

Tampaknya, Ben Franklin menjadi penulis, penemu, ilmuwan, dan diplomat yang menjadi salah satu role model bagi Elon Musk, Bunda.

"Anda dapat melihat bagaimana Franklin, menjadi adalah seorang pengusaha,"" kata Musk dalam sebuah wawancara dengan Kevin Rose dari Foundation.

"Dia adalah seorang pengusaha. Dia memulai dari nol. Dia hanya anak yang melarikan diri."

3. "Einstein: His Life and Universe" by Walter Isaacson

Pada Kevin Rose, Elon Musk mengatakan bahwa dia dipengaruhi oleh biografi fisikawan teoretis Albert Einstein. Ia juga memberikan alasan, katanya penting bagi seseorang untuk terus bertanya..

Ada beberapa kutipan Einstein yang paling terkenal. Salah satunya, "Yang penting adalah tidak berhenti bertanya,"" dan "Siapa pun yang tidak pernah membuat kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru". Kutipan tersebut bahkan menjadi visi Elon Musk untuk perusahaanya.

4. "Superintelligence: Paths, Dangers, Strategies" by Nick Bostrom

Meskipun Elon Musk adalah seorang futuris dan sangat tertarik pada kecerdasan buatan, ia pernah berbagi soal kekhawatirannya terkait potensi bahaya dan masalah etika yang dengan teknologi tersebut.

Buku Bostrom ini membahas tantangan potensial yang muncul jika kecerdasan komputasional melampaui kecerdasan manusia. "Layak dibaca", kata Elon Musk melalui postingan di Twitter pada tahun 2014.

5. "Merchants of Doubt" by Erik M. Conway and Naomi Oreskes

Elon Musk pernah merekomendasikan buku ini melalui Twitter pada tahun 2013. Di buku ini, ada argumen dari dua sejarawan yang percaya bahwa para ilmuwan dengan koneksi politik dan perusahaan dengan sengaja mengaburkan fakta seputar banyak masalah kesehatan masyarakat, seperti efek negatif dari merokok.

Simak daftar buku lainnya di halaman berikut ya, Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga rekomendasi lima games yang seru dan dapat melatih kecerdasan Si Kecil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BUKU YANG PERNAH DIBACA ELON MUSK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!