sign up SIGN UP search


Ilustrasi Ibu Hamil Kontraksi

Bundapedia

Braxton Hicks

Nanie Wardhani   |   Haibunda

Ketika Bunda sedang hamil dan usia kandungan Bunda sudah semakin besar, terkadang Bunda sesekali akan mengalami yang namanya Braxton Hicks.

Apa itu kontraksi Braxton Hicks?

Kontraksi Braxton-Hicks, juga dikenal sebagai nyeri persalinan prodromal atau palsu, adalah kontraksi rahim yang biasanya tidak terasa sampai trimester kedua atau ketiga kehamilan. Kontraksi Braxton-Hicks adalah cara tubuh mempersiapkan persalinan yang sebenarnya, tetapi tidak menunjukkan bahwa persalinan telah dimulai, dilansir dari NCBI.

Menurut What to Expect, kontraksi Braxton-Hicks agak mirip dengan gladi bersih: Otot-otot rahim Bunda menegang sebagai persiapan untuk pekerjaan besar yang harus mereka lakukan dalam waktu dekat. Meskipun sulit dibedakan dari kontraksi asli, Braxton Hicks tidak cukup efisien untuk mendorong bayi Bunda keluar seperti kontraksi persalinan yang sebenarnya.


Seperti apa rasanya kontraksi Braxton Hicks?

Kontraksi Braxton Hicks dimulai sebagai pengencangan yang tidak nyaman tetapi tidak menyakitkan yang dimulai di bagian atas otot rahim dan menyebar ke bawah. Ini menyebabkan perut Bunda menjadi sangat keras dan anehnya berkerut (hampir runcing). Setelah Bunda mendekati perkiraan tanggal persalinan, kontraksi ini akan menjadi lebih sering dan intens. 

Kapan kontraksi Braxton Hicks dimulai?

Kontraksi Braxton Hicks dapat dimulai kapan saja setelah minggu ke-20 kehamilan pada trimester kedua, meskipun lebih terlihat di bulan-bulan berikutnya, pada trimester ketiga. Mereka akan meningkat mulai sekitar minggu ke-32 sampai persalinan yang sebenarnya. 

Apa yang menyebabkan kontraksi Braxton Hicks?

Hormon kehamilan Bunda bekerja keras, mengirimkan pesan ke tubuh untuk memulai proses persalinan secara perlahan.

Berapa lama kontraksi Braxton Hicks berlangsung?

Kontraksi Braxton Hicks umumnya hanya berlangsung antara 15 dan 30 detik, meskipun bisa berlangsung selama dua menit.

Apa itu persalinan palsu?

Persalinan palsu secara harfiah hanya sensasi bahwa Bunda akan melahirkan ketika Bunda sesungguhnya belum akan melahirkan. Sensasi ini lengkap dengan kontraksi rahim yang biasanya dalam bentuk Braxton Hicks yang membuat Bunda lengah.

Apa saja tanda-tanda persalinan palsu?

  • Kontraksi Braxton Hicks yang menyebabkan nyeri rahim ringan sampai sedang mirip dengan kram menstruasi 
  • Kontraksi yang datang dan pergi dan tidak menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu
  • Kontraksi yang mereda dengan perubahan posisi, gerakan, istirahat atau segelas air

Persalinan sungguhan vs persalinan palsu: Bagaimana Bunda bisa membedakannya?

Ilustrasi ibu hamil kontraksiIlustrasi ibu hamil kontraksi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Untuk membantu membedakan antara persalinan sungguhan dan palsu, yang biasanya berarti kontraksi Braxton Hicks, carilah tanda-tanda berikut untuk mengetahui apa yang mungkin Bunda alami jika Bunda tidak yakin. Perbedaan biasanya terkait dengan frekuensi, intensitas dan lokasi kontraksi.

Persalinan sungguhan 

Kontraksi Bunda terjadi secara berkala, mengikuti pola, dan menjadi lebih kuat, lebih lama, dan lebih dekat seiring waktu. Kontraksi yang konsisten dan intensif dari waktu ke waktu. 

Kontraksi persalinan palsu, di sisi lain, kurang teratur dan melemah seiring waktu. Kontraksi persalinan yang sebenarnya biasanya berlangsung masing-masing sekitar 30 hingga 70 detik, dan tidak mereda dengan perubahan aktivitas atau posisi. Masing-masing terasa seperti kram menstruasi yang sangat kuat.

Tujuan kontraksi persalinan yang sebenarnya adalah untuk menipiskan dan melebarkan serviks, sedangkan Braxton Hicks hanyalah latihan untuk hal yang nyata. 

Kontraksi sungguhan juga dapat disertai dengan tanda-tanda persalinan umum lainnya, termasuk keluarnya cairan berwarna merah muda atau bercak darah. 

Kontraksi Bunda disertai dengan tetesan yang tidak berhenti. Air ketuban Bunda kemungkinan besar pecah. Cairan ketuban tidak berbau, jadi jika Bunda mendeteksi bau asam, itu hanya urin dan persalinan palsu.

Bunda mengalami mual atau diare atau keduanya dengan kontraksi Bunda. Sayangnya, persalinan sungguhan terkadang juga disertai dengan sakit perut. Persalinan palsu tidak.

Persalinan palsu

Bunda melihat kontraksi di bagian depan perut Bunda tetapi rasa sakitnya hilang ketika Bunda mengubah posisi. Kontraksi persalinan yang sebenarnya biasanya dimulai di punggung bawah dan bergeser ke depan, dan tidak membaik saat Bunda berganti posisi, bergerak, atau istirahat.

Bunda tidak mengeluarkan cairan berwarna kecoklatan. Saat Bunda benar-benar melahirkan, Bunda mungkin melihat keluarnya cairan berwarna merah atau merah muda.

Kontraksi Bunda tidak teratur dan jarang dan hanya berlangsung sekitar 15 sampai 30 detik (paling lama dua menit). Sementara rasa sakitnya nyata, persalinan ini mungkin tidak. 

Sebaliknya, kemungkinan kontraksi palsu di tempat kerja, mengencangkan otot-otot rahim Bunda dan mempersiapkan serviks Bunda untuk melahirkan. Kontraksi yang sebenarnya berlangsung sedikit lebih lama, seringkali 30 sampai 70 detik, dan datang lebih teratur dan sering dari waktu ke waktu.

Apa yang dapat Bunda lakukan tentang kontraksi Braxton Hicks?

Banyak minum. Bahkan dehidrasi ringan dapat menyebabkan kontraksi latihan ini.

Bergerak. Coba ubah posisi Bunda selama kontraksi yang menyakitkan, jika Bunda sedang duduk, berdirilah (dan sebaliknya). Berjalan dan beristirahat juga bisa membuat perbedaan.

Membayangkan. Gunakan kontraksi ini sebagai kesempatan untuk melatih teknik pernapasan dan visualisasi yang telah Bunda pelajari. 

Kapan harus memanggil dokter?

Jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan Bunda jika Bunda merasa tidak nyaman, khawatir atau tidak yakin tentang gejala pra-persalinan atau kehamilan, atau tidak tahu apakah yang Bunda rasakan adalah kontraksi persalinan atau Braxton Hicks. 

Tanda-tanda persalinan bisa membingungkan, dan persalinan prematur bisa sangat sulit untuk ditentukan, jadi sebaiknya bicarakan dengan dokter atau bidan Bunda.

Jika praktisi Bunda meminta Bunda untuk mempersiapkan persalinan, itu mungkin menjadi alarm palsu dan perjalanan yang tidak perlu, tetapi Bunda akan jauh dari satu-satunya calon ibu yang pergi ke dokter atau rumah sakit mengira dia akan melahirkan ketika dia tidak. 

Pra-persalinan dapat berlangsung selama beberapa jam atau satu bulan atau lebih, dan tanda dan gejala dapat berbeda untuk setiap orang (dan setiap kehamilan).

[Gambas:Video Haibunda]



 

Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!