sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Work From Home Buka Peluang Aku Rambah Bisnis Online Bahan Baku Masakan

Sahabat HaiBunda Minggu, 17 May 2020 18:56 WIB
Ilustrasi daging sapi marinasi caption
Jakarta -

Niat usaha online rumahan di bidang makanan terlintas saat aku memutuskan berhenti bekerja. Memang tidak mudah bagiku, apalagi masih banyak tanggungan keluarga yang harus dinafkahi berdua suami. Akan tetapi demi mengurus ibu dan anak yang sakit, aku rela meninggalkan pekerjaan yang telah ku lakukan selama 11 tahun di bidang Humas dan Administrasi.

Dengan niat Bismillah, akhirnya aku memberanikan diri menjual makanan secara online. Saat itu aku dan suami yang mempunyai hobi sama yaitu jalan-jalan dan makan enak , berbagi pengalaman dengan teman-teman di blog pribadi. Perlahan mulai memberanikan diri berjualan secara online. Aku ingin menjadikan usaha di bidang makanan ini amanah, memudahkan pembeli mendapatkan produk makanan enak, harga terjangkau dan kualitas produk terjaga.

Aku ingat betul pertama kali memulai usaha, modal adalah kendala utama. Namun berawal dari kepercayaan dan nama baik, banyak teman, kerabat, kenalan yang membantu. Misalnya mereka mau ikutan 'pre order' membeli produkku dan memposting-nya di media sosial. Pembeli pun mendapatkan layanan terbaik berupa cita rasa makanan lezat, bergizi dan 'delivery' yang tepat waktu. Aku dan suami berprinsip dengan harga yang kompetitif bisa membangun hubungan jangka panjang dengan pembeli.


Agar berkah dan amanah, setiap Jumat , aku berusaha meringankan beban orang yang kurang mampu dengan program Jumat Berbagi, yaitu memberikan makanan hasil olahanku agar bisa dinikmati langsung. Sampai saat ini fokus produk usaha makananku yaitu pesanan nasi box, pesanan tumpeng, pesanan produk olahan kentang. 

Ilustrasi Belanja OnlineIlustrasi Belanja Online. (Foto: shutterstock)

Namun saat pandemi COVID-19 ini, membuatku juga harus mencermati peluang, bahwa 'work from home' membuat para ibu bekerja lebih kreatif di dapur. Dan saat ini jualanku merambah di bidang bahan baku masakan seperti cabai, bawang, paket sayur mayur, paket kolak, kerupuk mentah, telur, buah-buahan serta olahan makanan setengah jadi yang bisa dikreasikan oleh ibu-ibu di rumah seperti daging sapi, kambing, ayam dan bebek yang sudah dimarinasi.

Bagi para Bunda yang terinspirasi ingin membuka usaha makanan, berikut ini ada beberapa kiat-kiat usaha online dari pengalamanku selama ini:

1. Harus ada kemauan kuat, tanpa modal Insya Allah tetap bisa
2. Harus bisa menjaga kepercayaan customer (amanah), terutama yang sistem PO (pre order) bayar dimuka
3. Harus bisa membagi waktu, karena tetap yang utama adalah tugas kita sebagai ibu di rumah dan ridho suami
4. Capek dan lelah sudah pasti, tapi kembali lagi kepada keyakinan bahwa selalu ada Allah yang menjaga dan akan memberikan yang terbaik untuk kita asal kita mau berusaha
5. Harus bisa menjaga kualitas produk, untuk saya yang di bidang makanan walaupun bahan baku nya misalkan cabai naik, tidak boleh mengurangi takaran
6. Jika kita melakukan kesalahan, seperti salah kirim barang atau makanan yang dihasilkan ada cacat seperti adonan yang salah, maka harus menyampaikan ke customer. Jadi customer pun tidak merasa ditipu akan produk yang kita berikan, dan kita tidak boleh marah apabila dengan kejujuran itu customer-nya jadi membatalkan membeli, karena sesungguhnya di situlah nilai kejujuran kita diuji sebagai pedagang. Dan percaya Rizkiminallah, rezeki enggak akan tertukar.
7. Harus siap menerima masukan walaupun itu pahit, jadikan hal itu sebagai cambukan untuk lebih baik.


(Cerita Bunda Patmi Rita Andayani - Ibu dari 3 anak)

Simak juga tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

 

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi