sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Bersifat Introvert Membuatku Dicap Sombong Oleh Sesama Wali Murid

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 10 Aug 2022 16:50 WIB
Middle eastern mother helping her child with homework. Ilustrasi/ Foto: iStock
Jakarta -

HaiBunda, mau cerita soal kepribadianku yang akhirnya berpengaruh ke anak di sekolah. Aku berkepribadian introvert dan kurang suka dengan keramaian. Buatku berbasa-basi itu melelahkan makanya aku lebih kelihatan pendiam.

Mungkin karena itu aku jadi malah dicap sombong. Karena kalau lagi anter anak ke sekolah, aku hanya senyum ke wali murid lain lalu pulang. Aku basa-basi malas, apa lagi harus duduk nongkrong berlama-lama dengan orang lain.

Tapi tidak sekali pun aku merasa lebih baik dari mereka. Atau merasa lebih kaya dan lebih-lebih lainnya. Aku hanya kurang suka bicara dengan orang yang enggak dekat.


Banner Perut Kedutan Saat HamilFoto: haibunda/com/Novita Rizky

Kayaknya tidak demikian pemikiran mereka soal aku. Aku baru tahu saat anakku cerita sepulangnya dari sekolah. "Kata Mamanya S, Mama aku sombong. Memang bener ya?"

Aduh, mau sedih tapi enggak sedih. Enggak sedih tapi nyelos dada ini. Kita memang enggak bisa mengatur apa yang orang rasakan ke kita. Kita juga enggak bisa minta mereka untuk selalu menyukai kita. Tapi aku merasa ngenes karena mereka bicaranya ke anak aku.

Nah, kebiasaan aku lagi adalah saat disakiti aku cenderung untuk menutup diri. Aku malah jadi segan untuk sekadar senyum atau bilang 'Mari, Bun' saat lewat di depan para wali murid lain. Jadilah cap sombong itu bertahan hingga sekarang di tahun ajaran baru.

Aku enggak mau membela diri karena memang mereka enggak kenal aku. Biarkan aja. Nanti seiring waktu akan terlihat kok bagaimana diriku yang sebenarnya.

Sekarang ini aku hanya bisa jelaskan ke anak kalau sifat sombong dan pemalu itu dua hal yang berbeda. Dia bisa membedakan itu dan tahu yang mana sifat Bundanya.

Buat Bunda-bunda lain yang bersifat sama seperti aku, sabar ya. Bunda enggak sendiri kok :)

(Bunda F, Jakarta)

Mau berbagi cerita, Bun? Yuk cerita ke kami lewat [email protected] Cerita terbaik akan mendapat hadiah menarik dari HaiBunda.

Simak juga video berikut mengenai Bunda yang sedang bimbang.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!