sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Bunda Ragu Daftarkan Anak Sekolah Saat Pandemi? Yuk Simak Saran Ahli

Muhayati Faridatun Jumat, 29 Jan 2021 11:41 WIB
Smiling woman painting along with her daughter caption
Jakarta -

Bunda masih ragu mendaftarkan anak sekolah saat pandemi COVID-19? Apalagi Si Kecil termasuk usia dini atau awal usia sekolah, yakni 6 tahun.

Perlu Bunda tahu, menurut data terbaru yang dirilis Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, angka kasus COVID-19 sudah menembus 1 juta pada 26 Januari lalu. Tercatat 510 dari total 514 kota/kabupaten di Indonesia sudah terpapar virus Corona.

Hampir setahun pula, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi seluruh siswa. Sekolah ditutup dan tidak ada pembelajaran tatap muka secara langsung. Para siswa hanya bisa sekolah online atau daring dan tatap muka virtual.


Dikutip dalam jurnal yang ditulis oleh Montessori Trainer dan Child care supervisor and consultant di Modern Montessori International (London), Emmanuela KR Widyantari, Mont.Dipl., seluruh sektor kehidupan terdampak pandemi, termasuk kesehatan, ekonomi, pendidikan, serta sosial dan budaya.

"Di sektor pendidikan, interaksi sosial jadi terbatas, efektivitas pembelajaran yang minim, orang tua jadi gundah gulana soal pendidikan anak, juga keterbatasan lain yang menghambat pendidikan anak," tutur pengajar yang akrab disapa Miss Emma ini.

Emma lalu menyoroti tentang pendidikan anak usia dini, yakni 0 hingga 6 tahun. Karena tak dimungkiri, sebagian orang tua menganggap sekolah belum terlalu penting untuk anak usia dini, terlebih di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Padahal, menurut Emma, usia 6 tahun pertama sangat penting untuk memaksimalkan tumbuh kembang. Berikut alasannya:

- Pertumbuhan otak terjadi di usia ini, menuju 100 persen yang menjadi cikal bakal masa depan anak.

- Anak ada dalam masa kepekaan (sensitive periods).

- Terjadi peralihan dari unconscious mind menuju conscious mind (absorbent mind).

- Usia ini merupakan periode konstruksi diri yang sangat penting dan tidak berulang.

Lebih lanjut, Miss Emma menjelaskan apa itu absorbent mind anak usia dini, yang terdiri dari dua periode yakni unconscious mind dan conscious mind. Usia 0 hingga 6 tahun ini juga disebut golden age (usia emas). Kenapa?

Baca selengkapnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk tips belajar online tetap efektif selama pandemi, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner nama anak AsmirandahFoto: HaiBunda
Golden age 0 hingga 6 tahun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi