sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Happy Sex Life After Having Children, Tipsnya Begini Bun

Muhayati Faridatun Selasa, 23 Mar 2021 10:40 WIB
Loving happy couple talking to each other at home caption
Jakarta -

Bagi suami istri, seks merupakan salah satu kebutuhan utama yang harus dipenuhi. Dengan menjadikan seks sebagai rutinitas, keharmonisan rumah tangga bisa selalu terjaga.

Tapi terkadang, kehidupan seks suami istri mulai berubah setelah adanya kehadiran Si Kecil. Sejatinya, kebahagiaan pasangan semakin lengkap berkat kelahiran anak. Tapi ternyata, Bunda dan Ayah mengalami berbagai perubahan setelah jadi orang tua.

Seperti disampaikan Novy Yulianty, M.Psi., Psikolog, perubahan yang terjadi mulai dari bagaimana kemampuan beradaptasi sebagai orang tua, pengelolaan waktu yang tepat dalam mengasuh anak, hingga mencari tahu cara yang tepat dalam proses pengasuhan.


banner resep tahu

"Pasangan suami istri yang fokus menjalankan peran baru sebagai orang tua membuat banyak perubahan besar pada kehidupan pernikahannya. Hal ini juga sering kali berpengaruh pada keintiman dan kehangatan hubungan, termasuk masalah kepuasan seksual," tutur Novy pada HaiBunda, baru-baru ini.

Ia menambahkan, kurangnya frekuensi hubungan seks, hingga sulitnya berkomunikasi tentang hal tersebut, akhirnya bisa jadi penyebab menurunnya kepuasan seksual suami istri setelah punya anak. Apakah Bunda mengalaminya?

Padahal, Novy menjelaskan, faktor kepuasan seksual sangat penting diperhatikan demi menjaga keharmonisan rumah tangga. Lalu, kalau kehidupan seks terasa hambar setelah punya anak, apa yang sebaiknya dilakukan?

"Komunikasi. Sampaikan apa yang kita harapkan dari pasangan terkait masalah seksual tersebut. Lalu, dengarkan juga pendapat pasangan tentang harapannya dari kita," ujarnya.

Novy juga menyarankan, suami istri sebaiknya tak hanya membicarakan soal anak, tapi juga berkomunikasi hal-hal lain tentang hubungan pernikahan, termasuk kehidupan seks. Bunda dan Ayah perlu juga lho meluangkan waktu berdua untuk menikmati keintiman dan keromantisan.

"Jika tidak memungkinkan untuk menitipkan anak, hal ini tetap bisa dilakukan dengan cara mengatur waktu ketika anak tidur," saran Novy.

Banner Live Chat Happy Sex Life

Selain itu, bagaimana lagi ya cara menjaga keintiman suami istri agar tetap bahagia setelah punya anak? Kalau ingin tahu tipsnya dan bertanya langsung ke Psikolog Novy Yulianty, join yuk Live Chat di aplikasi HaiBunda, pada Rabu, 31 Maret 2021, mulai pukul 19.00 WIB.

Bunda bisa berkonsultasi gratis seputar tema: Happy Sex Life After Having Children. Tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi HaiBunda di Play Store atau App Store.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi