sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Mitos dan Fakta Seputar Stunting Menurut Dokter Anak, Bunda Perlu Tahu Nih!

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 26 Jan 2022 11:59 WIB
MITOS ATAU FAKTA, STUNTING BISA MENYEBABKAN SPEECH DELAY
Anak makan caption

3. Susu bisa dijadikan terapi untuk anak stunting

Penyebab stunting harus dipastikan melalui konsultasi dan pemeriksaan ke dokter anak ya. Anak yang sudah dipastikan stunting memang bisa diberikan susu Pangan Olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK) atas indikasi dan resep dokter.

Meta mengatakan, PKMK bisa dikatakan sebagai obat terapi stunting. Tapi, bila anak menolak diberikan PKMK, dokter mungkin akan memasang selang di hidung untuk memasukkan nutrisi ke ke lambung anak.

"Susu PKMK tinggi kalori memang dianggap sebagai terapi, tapi syaratnya harus atas indikasi, resep dari dokter spesialis anak, dan pengawasan dokter. Ini diperlakukan setidaknya sama seperti obat," kata Meta.


4. Konsumsi minyak ikan bisa bantu atasi stunting

Kandungan minyak ikan memang bagus untuk perkembangan otak anak. Bila Bunda ingin memberikannya ke anak, sebaiknya tidak dalam bentuk kapsul ya.

Untuk mengoptimalkan nutrisi anak yang stunting, Bunda bisa memberikan ikan langsung nih. Penelitian menyebutkan, orang Indonesia sebetulnya paling baik konsumsi minyak ikan asli dari makan ikan, dibandingkan dalam bentuk kapsul.

5. Penyebab speech delay pada anak adalah stunting

Salah satu penyebab atau gejala yang bisa ditimbulkan stunting adalah keterlambatan perkembangan atau developmental delay. Tapi, belum tentu speech delay atau keterlambatan bicara berhubungan langsung dengan stunting.

Speech delay bisa disebabkan karena banyak hal, Bunda. Penyebab paling sering adalah anak kurang mendapatkan stimulasi.

"Apakah stunting berhubungan dengan speech delay? Itu belum tentu karena penyebab speech delay itu banyak sekali. Tapi paling sering karena kurang stimulasi, bukan karena stunting atau kekurangan nutrisi," ungkap Meta.

(ank/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!