sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Tips Bisnis Online Menjelang Ramadan, Bisa Cuan Sebelum Lebaran

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 30 Mar 2022 11:48 WIB
BANGUN PERSONAL BRANDING
Muslim businesswoman working at her office. caption

2. Buat personal branding

Dalam merintis bisnis, Bunda perlu membangun yang namanya personal branding. Hal ini dilakukan untuk menciptakan ciri khas dari produk kita di mata konsumen.

"Cari tahu apa yang orang sukai. Ini lebih ke apa sih, yang orang pikirkan tentang brand kita? Misalnya kita ciptakan karakter yang amanah dan bertanggung jawab. Seperti ketika penjual mengklaim bahwa paketnya akan tiba dengan aman sampai tujuan, dan ada pertanggungjawaban apabila tidak tercapai," tutur Putri.

Bunda Yora yang menjual aneka makanan secara online, telah menerapkan cara ini untuk membangun kepercayaan di mata konsumen. Saat ini ia telah mendapatkan banyak pelanggan dari berbagai daerah, hingga ke luar Pulau Jawa. Hal ini tidak dilakukan dengan mudah. Bunda Yora telah melewati proses yang panjang.


"Enggak cuma divakum makanannya, tapi boks dipastikan aman sampai ke luar kota. Aku trial dulu, coba kirim ke teman di Kalimantan. Jadi dari segi rasa, tekstur, dan kemasannya oke. Lalu customer bisa personalized juga apabila paketnya ingin dikirimkan ke teman," cerita Bunda Yora.

3. Bagi waktu bersama support system

Menjalankan bisnis merupakan hal yang sulit. Untuk dapat melakukannya dengan baik, Bunda tak luput dari yang namanya support system. Bisnis tak bisa dijalankan seorang diri, terutama Bunda yang telah memiliki anak dan sibuk mengurus rumah tangga.

Agar bisnis berjalan dengan lancar, Bunda perlu membuat komitmen dengan pasangan. Suami akan menjadi orang terdekat yang berperan sebagai support system. Bunda Yora terbiasa membagi pekerjaan rumah tangga dan kegiatan mengurus bisnis dengan suami.

"Saya koordinasi dengan suami. Ketika saya membuat kue, dia mengasuh anak. Terima orderan juga tidak boleh melebihi dari kapasitas kami. Kemudian saat pesanan semakin banyak dan harus dikirim H+1, saya selalu beri tahu suami apabila ada pesanan," tutur Bunda Yora.

"Saat suami pulang kerja di malam hari, anak main sama suami. Baru aku mulai baking. Anak biasanya juga sudah mau tidur. Memang ada sesuatu yang kita korbankan, yaitu waktu tidur yang semakin sedikit. Tapi kalau kita di rumah, anak tidur siang kita bisa ikut tidur, kan," ujarnya.

Selain membagi tugas, jangan lupakan pentingnya kegiatan operasional, promosi, dan marketing. Baca di halaman berikutnya.

PISAHKAN REKENING BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!