sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tanya Ustazah tentang Tata Cara Zakat & Fidyah, Bunda Bisa Dapat Hadiah

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 16 Apr 2022 15:31 WIB
Banner HaiBunda Live Zakat caption
Jakarta -

#HaiBunda bulan Ramadan tentu tak lepas dari kewajiban puasa, membayar fidyah, dan zakat. Tapi, ternyata masih banyak Bunda yang bingung tentang tata cara membayar fidyah maupun zakat.

Sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri, setiap Muslim yang mampu sebaiknya segerakan membayar zakat fitrah. Selanjutnya, zakat fitrah ini akan disalurkan pada golongan-golongan yang berhak menerimanya.

Disampaikan Ustazah Siti Majidah, Lc., MA., berdasarkan Al Quran surat At Taubah ayat 60, fakir dan miskin termasuk dalam golongan yang berhak menerima zakat. Kedua golongan ini ada perbedaan, Bunda.


"Orang fakir adalah orang yang betul-betul tidak mampu mencukupi kebutuhan pokoknya, atau dia masih bingung akan makan apa hari ini dan esok hari," ujar Dosen Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta ini.

"Sedangkan miskin adalah kelompok yang memiliki penghasilan yang pas untuk mencukupi kebutuhan pokoknya saja."

Berapa besaran zakat yang wajib kita keluarkan? Lalu, bagaimana dengan ketentuan membayar fidyah, berapa besarannya, dan siapa saja yang berhak menerima?

Bunda tanyakan langsung yuk ke Ustazah Majidah, dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (19/4) mulai pukul 20.00 WIB. Dengan tema Tata Cara Zakat dan Fidyah untuk Bunda, acara ini akan dipandu Editor HaiBunda Prita Daneswari.

Siapkan pertanyaan terbaik Bunda ya! Bubun sudah siapkan hadiah menarik nih, untuk 3 pemenang yang pertanyaannya terpilih dibacakan saat live. Semoga beruntung!

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!