sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Perbedaan Zakat Fitrah dan Fidyah, Serta Tata Cara Melakukannya

  |   Haibunda Rabu, 20 Apr 2022 13:20 WIB
Coins, rosary, Holy Quran and rice in the sack. Zakat concept. Zakat is a form of alm-giving as a religious obligation or tax. Large Arab word right method to read correctly. caption
Jakarta -

Tak terasa, saat ini kita sudah memasuki pertengahan bulan suci Ramadan. Sebelum Idul Fitri tiba, Bunda jangan sampai lupa membayar zakat fitrah dan fidyah, ya.

Bulan suci Ramadan tak lepas dari kewajiban puasa. Namun selain puasa, umat Islam yang memenuhi syarat juga diwajibkan membayar zakat fitrah dan fidyah.

Meski begitu, masih banyak orang yang bingung tentang tata cara membayar zakat fitrah dan fidyah. Bahkan, mungkin Bunda masih belum mengetahui perbedaan keduanya.


Dijelaskan oleh Ustazah Siti Majidah, Lc., MA., zakat fitrah dan fidyah merupakan keharusan yang perlu dilakukan oleh umat Islam sebelum Idul Fitri. Meski sama-sama bersifat wajib, keduanya punya pengertian dan ketentuan yang berbeda, lho.

Banner Tanda Janin Lapar

Ustazah Siti memaparkan, zakat fitrah adalah zakat yang dilakukan untuk menyempurnakan puasa Ramadan dari perbuatan yang memungkinkan kita mengurangi pahala puasa. Misalnya, seperti perbuatan bohong serta hal-hal lainnya yang disengaja maupun tidak disengaja.

"Zakat fitrah ini diwajibkan atas setiap jiwa. Di mana setiap jiwa wajib mengeluarkan zakat fitrah dengan bahan pokok, dan hanya dilaksanakan pada bulan suci Ramadan," kata ustazah Siti dalam sesi HaiBunda Live, Selasa (19/4/22).

Untuk melakukan zakat fitrah, umat Islam wajib memberikan zakat dalam bentuk bahan makanan pokok yang biasa dikonsumsi mereka sehari-hari. Adapun takaran yang perlu dikeluarkan yaitu seberat 2,5 kilogram atau 3,5 liter.

"Bisa juga dengan cara diuangkan. Atau jika uang tersebut mau ditambah dengan bahan pokok juga bisa," ucapnya.

Untuk membayar zakat bisa dilakukan sejak awal Ramadan. Itu artinya, Bunda tidak perlu menunggu hingga Ramadan nyaris usai. Malah, Bunda harus memastikan untuk membayar zakat sebelum salat Idul Fitri.

Ustazah Siti menjelaskan, zakat yang dibayar pada hari Idul Fitri sebelum salat ied masih sah untuk diterima. Akan tetapi, hukumnya bisa berubah jika salat sudah selesai dilakukan.

"Kalau dilakukan setelah salat, maka akan menjadi sedekah biasa, bukan zakat. Nah ini sayang sekali, padahal manfaat zakat fitri ada banyak. Selain mencegah orang miskin meminta-minta, adalah menyempurnakan puasa kita," papar ustazah Siti.

Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam. Hukum membayar zakat fitrah adalah wajib. Barangsiapa yang tidak membayar zakat karena menahan harta yang dimilikinya, maka Allah akan memberikan azab yang sangat pedih.

Lantas, apakah perbedaan zakat fitrah dengan fidyah? Lanjutkan membaca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang serba-serbi zakat fitrah dan zakat mal:

[Gambas:Video Haibunda]



BAGAIMANA DENGAN FIDYAH?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!